Dirut PKT Rahmad Pribadi, Dinobatkan sebagai TOP Leader on CSR Commitment 2021

  • Whatsapp
Direktur Utama PKT Rahmad Pribadi (Foto: Humas PKT)

TIMUR. Direktur Utama PKT Rahmad Pribadi, dinobatkan sebagai TOP Leader on CSR Commitment 2021 pada ajang TOP CSR Awards 2021 yang digelar majalah Top Business. Penghargaan tersebut melihat kiprah Rahmad Pribadi, yang dinilai memiliki komitmen tinggi dalam mendukung kelengkapan sistem, tata kelola dan keberhasilan implementasi CSR Perusahaan.

Read More

Diungkapkannya, PKT berkomitmen agar pengelolaan CSR memberi dampak signifikan kepada masyarakat di berbagai sektor. Tata kelola lingkungan dan pemberdayaan masyarakat dalam aktivitas bisnis Perusahaan, menjadi salah satu fokus Pupuk Kaltim, yang disikapi melalui berbagai kebijakan dan program strategis yang ditingkatkan setiap tahun.

“Penghargaan ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus berbuat dengan mengimplementasikan CSR secara optimal,” ujar Rahmad, Kamis (22/4).

Realisasi CSR PKT juga merupakan bentuk dukungan terhadap pencapaian 17 indikator tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs), mencakup sektor pendidikan, penyelamatan lingkungan dan pesisir, hingga pemberdayaan masyarakat di berbagai sektor.

Beberapa program CSR unggulan tersebut di antaranya PKT Peduli Pendidikan, berupa beasiswa bagi anak berprestasi dari keluarga kurang mampu, pemberdayaan masyarakat seperti pemanfaatan tanaman obat keluarga, inkubator bisnis Permata Bunda untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), hingga pengolahan sampah dan budidaya Black Soldier Fly (BSF) melalui Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST).

Seluruh program pemberdayaan disinergikan melalui kerjasama masyarakat binaan, dengan sasaran manfaat tak hanya berdampak pada tingkat kesejahteraan, tapi juga lingkungan secara berkesinambungan.

Begitu pula di masa pandemi Covid-19, CSR PKT mengambil peran dalam membantu pemerintah dan masyarakat secara terfokus. Tak hanya bantuan langsung bagi masyarakat terdampak, tapi juga sektor pemberdayaan yang hingga kini masih berjalan.

“Khusus penanganan pandemi, kami menggagas program PKT Proaktif, yang mencakup seluruh upaya Perusahaan dalam membantu penanganan pandemi hingga sektor ekonomi masyarakat,” lanjut Rahmad.

Beberapa program di antaranya pemberdayaan UKM binaan untuk pengadaan Alat Pelindung Diri (APD), dukungan medis, paket bantuan bagi masyarakat terdampak maupun yang menjalani isolasi mandiri, disinfeksi wilayah secara berkala, hingga dukungan perangkat dan kebutuhan antisipasi penyebaran virus di berbagai instansi.

“Seluruhnya direalisasikan bertahap dan mencakup seluruh sektor. Tak hanya terlaksana di Bontang saja, tapi juga di seluruh wilayah tanggungjawab distribusi PKT,” terang Rahmad.

Rahmad Pribadi memastikan kontribusi PKT sebagai anak usaha BUMN tak hanya dalam mendukung ketahanan pangan nasional melalui penyediaan kebutuhan pupuk bagi petani saja, tapi juga implementasi CSR secara optimal bagi seluruh sektor kehidupan sebagai manfaat Perusahaan bagi masyarakat, bangsa dan negara.

“PKT akan terus meningkatkan komitmen pengelolaan dan realisasi CSR, agar manfaat Perusahaan dari beragam program yang direalisasikan setiap tahun semakin dirasakan masyarakat,” pungkas Rahmad Pribadi. (*/nav)

Related posts