Ragam Edukasi di Pupuk Kaltim Fest, Kembangkan Potensi Gali Peluang Usaha Mandiri

Founder Yukbisnis Jaya Setiabudi dan Founder Sekolah Bisnis Online, Muri Handayani saat mengisi materi Pupuk Kaltim Fest 2024

TIMUR. Selain menghadirkan berbagai hiburan menarik bagi masyarakat, Pupuk Kaltim Fest 2024 turut diisi beragam seminar edukasi bagi masyarakat. Kegiatan ini tidak hanya menarik minat pelaku usaha, namun juga generasi muda hingga ibu rumah tangga yang setiap hari hadir menjadi peserta.

Mulai hari pertama pelaksanaan pada 26 Desember 2024, para peserta dibekali workshop mobile video hack, bertajuk Cara Mudah Cari Cuan, Modal HP di Genggaman.

Read More

Materi ini disampaikan Al Ghazali, konten kreator sekaligus videografer yang membahas berbagai kiat menarik dalam membuat konten video digital.

Sementara di hari kedua, menghadirkan Founder Sekolah Bisnis Online, Muri Handayani, yang memotivasi ibu rumah tangga agar melek teknologi sehingga mampu meraup pendapatan hanya dari rumah.

“Dalam perkembangan teknologi saat ini, ibu rumah tangga jangan hanya sekadar bermain medsos. Tapi manfaatkan itu sebagai peluang yang menghasilkan, sehingga kita dapat lebih produktif walau hanya dari rumah,” ucap Muri.

Selanjutnya juga hadir Xperteam Consultant, dengan berbagai strategi efektif untuk mendorong pelaku usaha agar bisa merekrut talenta terbaik, sekaligus mengelola tim unggul dalam memacu pertumbuhan usaha.

Terlebih di tengah tantangan UMKM saat ini, manajemen usaha yang baik dengan tim yang solid, sangat berdampak terhadap peningkatan peluang dan daya saing dari tiap produk yang dihasilkan.

“Ini harus menjadi perhatian pelaku usaha, sehingga segala tantangan pengembangan bisnis bisa dihadapi dan menjadikan itu sebagai peluang,” ucap Tantri, pemateri Xperteam Consultant.

Tak ketinggalan di hari keempat pada 29 Desember 2024, hadir Founder Yukbisnis, Jaya Setiabudi, yang membawakan materi Integrated Marketing for UKM.

Dia menyampaikan pendekatan strategi pemasaran, yang menyelaraskan saluran komunikasi dan alat pemasaran, untuk menyampaikan pesan yang konsisten, efektif dan efisien kepada audiens target.

Pendekatan ini bertujuan untuk memaksimalkan dampak pemasaran dan memanfaatkan sumber daya yang terbatas secara optimal. UMKM pun diharap dapat meningkatkan kehadiran merek mereka secara signifikan, menarik lebih banyak pelanggan, dan membangun hubungan jangka panjang dengan audiens.

“Strategi ini memungkinkan usaha kecil bersaing dengan pemain lainnya di pasar, tanpa harus memiliki anggaran yang besar,” tutur Jaya.

Selain itu juga ada dua pengusaha lokal sukses, yakni founder Selalu Teh Adi Darmawan, serta CEO Susu Setia Hardiansyah. Keduanya berbagi kiat menarik dalam menggali peluang usaha sekaligus membangun brand lokal yang memiliki daya saing tinggi.

Susilawati Yusuf, salah satu peserta seminar menyampaikan, materi yang dihadirkan selama Pupuk Kaltim Fest memberikan pandangan baru bagi dirinya, untuk turut memanfaatkan peluang menjadi ladang bisnis yang berkelanjutan.

Dirinya pun terdorong untuk memulai usaha skala kecil, meski dari rumah dengan modal seadanya. Sebab kata dia, konsistensi dan mencari peluang baru untuk dikembangkan, merupakan faktor utama yang harus dipahami ibu rumah tangga seperti dirinya dalam menciptakan usaha mandiri.

“Materi selama Pupuk Kaltim Fest ini sangat bermanfaat, karena banyak kiat yang diberikan. Jadi ketakutan kita untuk memulai usaha, bisa diantisipasi dengan berbagai tips yang diberikan oleh pemateri yang hadir,” tutur Susi.(*)

Follow dan Simak Berita Menarik Timur Media Lainnya di Google News >>

Related posts