Rutin Digelar, Pupuk Kaltim Tingkatkan Kepedulian Karyawan Melalui Donor Darah

  • Whatsapp

TIMUR. Peringatan Bulan K3 Nasional 2020 kembali diisi Pupuk Kaltim dengan menggelar donor darah bagi karyawan di Ruang Mahoni Kantor Pusat Pupuk Kaltim, Selasa (4/1) pagi. Secara bergantian, puluhan karyawan dari berbagai unit kerja lakukan serangkaian pemeriksaan untuk persyaratan mendonorkan darah. Mulai penimbangan berat badan, tes darah hingga ketahanan tubuh.

Read More

Staff Departemen Hiperkes Pupuk Kaltim Sri Retno Kustiah, menjelaskan donor darah merupakan agenda rutin tahunan perusahaan dalam rangka peringatan Bulan K3 Nasional, sekaligus bentuk kepedulian perusahaan terhadap pemenuhan kebutuhan darah di Kota Bontang.

Apalagi stok darah yang tersedia di Kota Bontang sangat terbatas, dengan kebutuhan yang terus meningkat. Maka dengan kegiatan ini diharap mampu membantu memenuhi kebutuhan pasokan darah bagi masyarakat. Partisipan pun tak hanya karyawan organik dari berbagai unit kerja, tapi juga karyawan non organik dan kontraktor di lingkungan perusahaan.

“Dari pelaksanaan donor darah tahun lalu, tingkat partisipasi karyawan diatas 70 orang. Dan tahun ini ditarget lebih meningkat lagi,” kata Retno.

Salah satu karyawan Pupuk Kaltim mengikuti tes darah sebelum melakukan donor (Foto: Timur)

Retno berharap dengan donor darah kepedulian karyawan terhadap masyarakat, khususnya yang membutuhkan transfusi dapat semakin ditingkatkan. Begitu pula dengan kesadaran untuk menjaga kesehatan, dapat terus menjadi keseharian dari seluruh karyawan Pupuk Kaltim.

“Seluruh hasil donor darah akan kita serahkan ke Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bontang, sebagai stok untuk kebutuhan darah bagi masyarakat yang membutuhkan,” tambah Retno.

Salah satu karyawan Pupuk Kaltim Farid Supriyanto, mengatakan rutin mengikuti donor darah pada peringatan Bulan K3 Nasional setiap tahunnya. Bahkan terkadang diluar agenda perusahaan, dirinya juga kerap mendonorkan darah di berbagai kesempatan karena melihat manfaat dari hal tersebut.

Dirinya juga berharap agenda seperti ini terus dipertahankan Pupuk Kaltim, sebagai wujud kontribusi karyawan di bidang kesehatan, khususnya pemenuhan kebutuhan darah bagi masyarakat Kota Bontang.

“Dengan setetes darah yang kita berikan, siapa tahu sangat dibutuhkan dan bermanfaat bagi orang lain. Semangat ini hendaknya bisa terus ditingkatkan, sebagai bentuk kepedulian karyawan Pupuk Kaltim terhadap sesama,” ujar Farid. (Ikr/ads)

Related posts