Siapkan Rp 1,4 Miliar, Pemkot Tahun Ini Pasang 40 Titik Penerangan Jalan ke Bontang Lestari

Akses jalan menuju Bontang Lestari Kota Bontang

TIMUR. Dinas Perhubungan (Dishub) Bontang akan memasang 40 titik Penerangan Jalan Umum (PJU) di Bontang Lestari pada 2023 ini. Anggaran yang disiapkan senilai Rp 1,4 miliar.

Read More

Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Dishub Bontang Muhammad Nur mengatakan, pemenuhan fasilitas penerangan jalan dilakukan secara bertahap. PJU nantinya akan dipasang di titik kantor Kelurahan Bontang Lestari hingga menuju pusat kota. Infrastruktur itu akan dibangun dengan jarak 50 meter per tiang.

“Anggaran terbatas, jadi tahun ini kita bangun 40 PJU dulu. Anggaran per tiang itu Rp 30 Juta lengkap dengan instalasinya,” kata Muhammad Nur kepada Klik Kaltim (Timur Grup), Selasa (21/2/2023).

Idealnya, untuk menerangi tiga jalan Bontang Lestari setidaknya membutuhkan sebanyak 500 PJU dengan jenis dua lengan. PJU jenis ini bisa menerangi sisi kiri dan kanan jalan.

Selain anggaran terbatas, masalah selanjutnya ialah tegangan listrik yang belum terpenuhi di setiap jalan. Diketahui panjang Bontang Lestari, mulai Jalan Soekarno – Hatta, Jalan M Roem, dan Jalan Urip Sumoharjo 18,5 kilo meter.

Jalan Bontang Lestari memang menjadi salah satu akses utama warga untuk ke tengah Kota Bontang. Namun, sering kali banyak hambatan aktivitas saat malam hari. Karena belum ada PJU, dan mengganggu mobilitas.

“Bertahap dulu. Sembari menunggu anggaran dan pasokan utama PJU yaitu listrik dengan tegangan rendah. Kalau yang 40 PJU akan mulai ditender Maret mendatang,” pungkasnya.(*)

Follow dan Simak Berita Menarik Timur Media Lainnya di Google News >>

Related posts