165 Peserta Siap Bersaing di MTQ Bontang Utara

  • Whatsapp

TIMUR. Wali Kota Bontang diwakili Asisten Administrasi Pembangunan Pemkot Bontang Zulkifli membuka secara resmi Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) XVI tingkat Kecamatan Bontang Utara di Arena MTQ, Jalan AM Parikesit, Kelurahan Bontang Baru, Rabu (24/7) malam.

Read More

Kegiatan ini rencanannya berlangsung hingga 29 Juli mendatang. Sebelum dibuka 165 peserta melakukan defile. Mulai dari Guntung, Lok Tuan, Gunung Elai, Bontang Baru, Api-Api, dan tuan rumah Kelurahan Bontang Kuala. Mereka akan bersaing menjadi yang terbaik untuk bisa mewakili Kecamatan Bontang Utara pada MTQ tingkat Kota.

Zulkifli dalam sambutannya mengatakan, penyelenggaraan MTQ ini sebagai upaya membumikan dan mensyiarkan alquran di Bontang. Serta sebagai ajang kompetisi untuk mencari bakat unggul yang akan mewakili Bontang ke tingkat Provinsi nantinya.

“Pemerintah tentunya mengapresiasi dan mendukung kegiatan bermanfaat ini. Seperti yang pernah disampaikan ibu wali kota, Agenda MTQ bukan hanya agenda rutin, namun sekiranya menjadi komitmen warga Bontang untuk melahirkan generasi qurani,” urai dia.

Dilanjutkan Zulkifli, visi misi pemerintah sejalan dengan tema pelaksanaan MTQ Kecamatan Bontang Utara; Generasi Qurani untuk Kota Bontang yang Smart dan Agamais.

“Sebagaimana kita tahu, cita-cita ibu wali kota ialah membumikan alquran di Kota Bontang dengan meningkatkan budaya literasi terhadap alquran. Dan kami yakin pelaksanaan MTQ ini dapat memotivasi kita semua untuk membentuk generasi Bontang yang qurani,” kata dia lewat siaran persnya.

Sementara itu Camat Bontang Utara Sudi Priyanto mengatakan, MTQ ini merupakan salah satu bagian upaya mewujudkan visi dan misi pemerintah Kota Bontang 2016-2021.

“Salah satu misinya ialah mewujudkan Smart City melalui peningkatan sumber daya manusia. Dan ini diselaraskan dengan moto Kota TAMAN. Di dalam moto itu ada kata Agamais. Sehingga muncul tema ‘Generasi Qurani untuk Kota Bontang yang Smart dan Agamais’,” jelasnya.

Sudi berharap, baik pihak kelurahan di Bontang Utara hingga media massa dapat menyebarkan jadwal MTQ Kecamatan Bontang Utara. Hal ini dilakukan agar banyak warga yang hadir untuk mengikuti dan mendengarkan lantunan alquran.

“Sehingga masyarakat nantinya bisa bersama hadir untuk mengikuti dan memeriahkan MTQ ini. Saya juga berpesan kepada peserta, agar melepaskan diri dari target, yang terpenting adalah memberikan kemampuan terbaik. Karena dengan memberikan kemampuan terbaik, hakikatnya sudah menjadi juara sejati,” pesannya.

Sementara itu Lurah Bontang Kuala Roni Apriansyah sebagai tuan rumah dan Ketua Panitia MTQ tingkat Kecamatan Bontang Utara mengatakan, untuk menciptakan Bontang sebagai kota yang agamais, perlu dikembangkan SDM yang berkualitas, beriman, dan bertakwa.

“Untuk itu, maka diperlukan pembinaan yang dapat menjadi media untuk menyalurkan kegiatan yang sesuai dengan ajaran agama Islam. Agar para qori dan qoriah, hafiz dan hafizah dapat mencintai alquran,” kata dia.

Disampaikan Roni, tahun ini MTQ tingkat Kecamatan Bontang Utara mempertandingkan delapan cabang. Di antaranya Cabang Tilawatil Quran, Hifzhil Alquran, Tafsirul Quran, Syarhil Alquran, Fahmil Alquran, Khattil Alquran, Musabaqah Alquran, dan lomba Qasidah Rebana.

“Harapan kami, semoga pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan Bontang Utara ini dapat berjalan lancar dan dapat membentuk bibit-bibit qori dan qoriah terbaik untuk selanjutnya dapat diikutkan dalam MTQ tingkat Kota Bontang. Guna mewujudkan Bontang yang agamis,” tukasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Asisten Administrasi Pemkot Bontang M Bahri, Wakil Ketua DPRD Bontang Faisal, Anggota DPRD Bontang Setioko Waluyo serta Abdul Malik, Camat Bontang Selatan Syarifuddin, dan Lurah se-Bontang Utara. (hms9)

Related posts