Empat Cabang Lomba Meriahkan Festival Mualaf 2019

  • Whatsapp

TIMUR. Ratusan mualaf se-Kota Bontang ambil bagian pada empat kategori lomba dalam memeriahkan Festival Mualaf 2019, gelaran UPZ Pupuk Kaltim bersama Yayasan Baiturrahman di Masjid Raya Baiturrahman, Minggu (29/12) pagi.

Read More

Lomba digelar untuk menguji pengetahuan sekaligus pemahaman mualaf terkait akidah dan keislaman, diantaranya Tartil Quran, Cerdas Cermat, Kreasi Hijab Syar’i dan Lomba Da’i/Daiyah. Para peserta pun tampak antusias menunjukkan kemampuan dan pemahaman tentang keislaman dari tiap cabang lomba.

Seperti lomba cerdas cermat, para peserta saling mengejar poin dari tiap pertanyaan panitia mulai pemahaman dasar seperti Rukun Islam dan Rukun Iman, tata cara sholat dan pengucapan niat, hingga berbagai pertanyaan seputar ayat dalam Al Quran.

Baca Juga: Perkuat Akidah dan Keislaman, UPZ Pupuk Kaltim Gelar Festival Mualaf 2019

Begitu pula pada lomba Da’i/Da’iyah, peserta pun menyampaikan berbagai materi seputar akidah dan nilai keagamaan dengan pembawaan menarik selama 7 menit. Pembacaan Al Quran sesuai tajwid dan makhraj secara jelas dan benar pun diikuti dengan baik seluruh peserta di cabang Tartil Quran. Termasuk lomba kreasi hijab syar’i, menampilkan berbagai model pemakaian hijab moderen yang sesuai syariat Islam.

“Kegiatan ini bagian pembinaan bagi mualaf, sekaligus untuk mengetahui sejauh mana pemahaman mualaf tentang akidah dan keislaman,” ujar Ketua UPZ Pupuk Kaltim Nur Sahid.

Lomba Cerdas Cermat Festival Mualaf 2019 (Foto: Timur)

Dikatakannya, kegiatan dengan tema ” We are Moslem” yang digelar sejak Sabtu (28/12) ini, juga menjadi wadah silaturahmi untuk mempererat hubungan antar sesama mualaf di Kota Bontang, yang kedepannya akan terus didukung UPZ Pupuk Kaltim sebagai wujud pembinaan mualaf secara berkesinambungan.

“UPZ Pupuk Kaltim akan mendukung segala bentuk syiar islam untuk meningkatkan pengetahuan umat. Khususnya mualaf, jika ada usulan kegiatan lain untuk pembinaan bisa diajukan agar kami support,” tambah Nur Sahid.

Dirinya mengimbau para mualaf bisa terus belajar untuk meningkatkan pemahaman tentang islam, sehingga mampu memahami agama yang sesuai tuntunan Al Quran dan Sunnah. Pembinaan pun akan terus dilakukan UPZ Pupuk Kaltim bersama Yayasan Baiturrahman, sehingga kesungguhan mualaf untuk memperdalam ilmu agama diharap bisa tertanam dengan baik dalam diri masing-masing.

“Bagi yang bisa menghafal Juz Amma silakan lapor dan buktikan ke kami, nanti akan diberi reward sebagai motivasi untuk terus belajar,” pungkas Nur Sahid.

Festival Mualaf 2019 pun diakhiri penyerahan penghargaan kepada masing-masing pemenang, berupa piala tetap serta uang pembinaan dari UPZ Pupuk Kaltim. Diserahkan langsung Nur Sahid didampingi pengurus Yayasan Baiturrahman. (Ram/ads)

Berikut daftar pemenang tiap kategori lomba:

Related posts