Kelurahan di Kukar Ini Gelar Pemilihan Langsung Ketua RT Serentak

  • Whatsapp

TIMUR. Pertama kalinya Kelurahan Panji di Kabupaten Kutai Kartanegara menggelar pemilihan langsung ketua RT secara serentak. Menariknya setiap RT secara swadaya menyediakan perlengkapan pemilihan dan penganan kepada seluruh peserta pemilih dan pengunjung yang hadir.

Read More

Kegiatan berlangsung Sabtu (28/12/2019), di masing-masing RT Kelurahan Panji Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Pemilihan serentak calon Ketua RT periode tahun 2020-2022 diikuti sebanyak 19 RT. Pencoblosan dimulai pukul 08.00 dan berakhir pukul 12.00 Wita. Proses pemilihan kemudian dilanjutkan dengan penghitungan suara.

Layaknya pemilihan langsung secara demokratis maka dibentuk panitia penyelenggara pemilihan. Tiap RT terdiri dari tiga petugas penyelenggara pemilihan. Para petugas pemilihan lalu menjaring calon.

Di RT 15 terpilih enam kandidat, namun dalam proses seleksi hanya terpilih dua calon yang bisa maju. Setiap RT berbeda-beda jumlah yang terjaring dan terpilih untuk maju sebagai ketua RT. di RT 5 terpilih calon tiga orang.

Mantan Ketua RT 5 yang telah mengabdi selama 33 tahun menyebutkan bahwa pemilihan ketua RT ini ini sebagai proses demokrasi untuk menjaring anak muda.

“Warga meminta kami agar yang muda-muda yang dipilih sebagai proses regenerasi,” terangnya. Pihaknya sebagai rasa sumbangsih maka menyediakan secara swadaya seluruh perlengkapan pemilihan dan makanan.

Salah seorang warga mengatakan sangat berkesan dengan adanya pemilihan ini. Menurutnya sangat bagus karena bagian dari pelaksanaan demokrasi untuk mendukung calon yang warga kehendaki.

“Alhamdulillah semua calon ini yang terbaik. Yang tiga ini semuanya generasi muda dibawah usia 40 tahun. Semua adalah calon-calon masa depan,” ujarnya.

Lurah kelurahan Panji, Nina Martini, yang turut menyaksikan proses pemilihan di RT 5 mengaku sangat kaget dengan antusiasme masyarakat.

“Selama menjabat sebagai Lurah, saya mengikuti pemilihan ketua RT zaman dulu antusiasmenya sangat rendah sekali. Acaranya biasanya malam dan rapat biasa saja. Saat ini saya ingin membuat sesuatu yang berbeda, dan ternyata setelah keliling antusiasme masyarakat luar biasa,” paparnya.(*)

Related posts