Enam Bulan Kedepan, 15 Mahasiswa Ikuti Program Magang Bersertifikat di Pupuk Kaltim

  • Whatsapp

TIMUR. Setelah Pupuk Kaltim Apprentice Challenge (PAC) dan Magang Dalam Negeri (MDN), Pupuk Kaltim kembali membuka kesempatan belajar melalui Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) Batch 1 tahun 2020, diikuti 15 peserta dari Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda.

Read More

PMMB kali ini merupakan tahap 3 program yang dimulai sejak 2019 lalu, dengan penempatan peserta di berbagai unit kerja perusahaan sesuai bidang ilmu masing-masing. Pelaksanaan berlangsung 6 bulan, terhitung mulai 31 Januari – 30 Juli 2020.

“Sejak awal dibuka, PMMB telah mengakomodasi 52 peserta dari berbagai Universitas di Indonesia. Masing-masing 26 peserta pada batch 1 dan 26 peserta pada batch 2 tahun 2019. Khusus batch 1 tahun 2020, seluruhnya diikuti dari Unmul Samarinda,” ujar Staff Departemen Learning Center Pupuk Kaltim Agus Susanto, saat pembukaan PMMB 1 2020 di Aula Gedung Learning Center Kantor Pusat Pupuk Kaltim, Jumat (31/1) siang.

Kesempatan tersebut pun sekaligus menutup PMMB Batch 2 2019, yang dinilai para peserta telah memberikan pengalaman serta pengetahuan yang bersifat praktis, hingga mampu memahami dengan baik tataran dunia kerja di bidang keilmuan masing-masing.

Salah satunya Wiwit Ria Rahayu, mahasiswi jurusan Teknik Fisika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, mengaku PMMB yang dijalani 6 bulan terakhir di Pupuk Kaltim sangat bermanfaat dan menjadi pengalaman berharga, karena terjun langsung di dunia kerja serta terlibat dalam setiap aktivitas pabrik. Selama magang di Departemen Perencanaan dan Pengendalian TA (Rendal TA) Pupuk Kaltim, banyak ilmu yang dia dapatkan sebagai bekal berharga untuk menghadapi dunia kerja pasca kelulusan.

“Baik saat rapat maupun rekomendasi pelaksanaan Turn Around pabrik kami dilibatkan, termasuk juga prosesnya. Sehingga kami bisa mempelajari dengan baik setiap detil perencanaan yang dilakukan, dan itu sangat berharga,” ucap Wiwit.

Manajemen Pupuk Kaltim secara resmi melepas peserta PMMB Batch 2 2019 (Foto: Humas Pupuk Kaltim)

General Manager SDM Pupuk Kaltim Jojok Wido Harjoso, yang sekaligus menutup PMMB Batch 2 2019 dan membuka PMMB Batch 1 2020, berharap apa yang yang dipelajari peserta selama 6 bulan di berbagai unit kerja perusahaan bisa memberikan nilai tambah terhadap bidang ilmu dan profesi yang kelak dijalani. Sebab, tujuan utama pelaksanaan PMMB untuk memberikan bekal siap kerja dengan pengalaman serta sertifikasi untuk meningkatkan daya saing para peserta.

Dirinya mengimbau para peserta untuk terus belajar meningkatkan keahlian yang dimiliki, agar apa yang dipelajari selama PMMB bisa terus dikembangkan dengan baik. Begitu pula para peserta PMMB Batch 1 2020, diimbau untuk menjaga semangat belajar serta mengikuti arahan pembimbing di unit kerja masing-masing.

“Sebab magang itu adalah proses belajar, yakni belajar untuk bisa bekerja dengan baik agar menjadi tenaga ahli yang berkompeten. Jadikan program ini kesempatan untuk menggali lebih banyak pengetahuan dan pengalaman, agar nanti lebih siap menghadapi dunia kerja,” pesan Jojok. (ikr/srv)

Related posts