Kebakaran Hanguskan 481 Kios Pasar Citra Mas Loktuan

  • Whatsapp
Kebakaran di Pasar Citra Mas Loktuan

TIMUR. Sebanyak 481 kios di Pasar Citra Mas Loktuan hangus terbakar, Rabu (10/2/2021) sekira pupuk 02.30 Wita. Api dengan cepat merembet dan menghanguskan kios dan lapak para pedagang.

Read More

Burhanuddin (57), salah satu saksi kejadian menuturkan sumber api pertama kali dilihat dari los sayur dan buah. Dalam waktu singkat merembet ke lapak serta kios lainnya. Warga pun panik, dan mengamankan barang-barang yang bisa diselamatkan.

“Setengah jam setelahnya, sekira pukul 03.10 Wita, barulah tim pemadam datang,” ujar Burhanuddin.

Hal serupa juga diungkapkan Dandi, yang melihat kobaran api dengan cepat menghanguskan lapak pedagang. Menurut dia api berasal tiga titik di los sayur dan buah, pertama di bagian tengah los di area penjual pisang, lalu sisi kiri belakang pasar dan titik ketiga di belakang pasar.

“Kami berusaha bangunkan warga dan mencari bantuan, tidak terpikir menyelamatkan barang karena api cepat sekali membesar,” ungkap Dandi.

Kobaran api seketika menghabisi sisi bangunan pasar yang didominasi kayu. Bahkan tak kurang dari sejam, seluruh los sayur-buah ludes.

Sementara Lurah Loktuan M Takwin, saat dikonfirmasi menuturkan, jumlah pedagang di pasar Citra Mas ada 596 lapak, termasuk 75 pedagang emperan yang berjualan di sekitar pasar. Dan 481 diantaranya hangus tak bersisa.

“Total yang tidak terbakar ada 115 lapak,” kata dia.

Lapak yang selamat dari kobaran api diantaranya ada di blok A dan blok B yang diisi pedagang sembako, masing-masing 32 lapak. Selanjutnya Blok H, deretan pedagang ikan dan ayam yang masih berjualan.

“Selain Blok A dan B, juga ada Blok H yakni deretan pedagang ikan dan ayam yang masih bisa ditempati,” tambahnya.

Pemerintah bersama Forkopimda Bontang pun kata Takwin, tengah dalam koordinasi untuk tindaklanjut kebakaran tersebut.

“Hasilnya akan kami informasikan karena masih mencari solusi,” pungkasnya. (*)

Related posts