Meriahkan HUT RI, Pupuk Kaltim Dukung Lomba Tari Jepen Kreasi se-Kelurahan Guntung

  • Whatsapp

TIMUR. Dorong pelestarian budaya daerah, Pupuk Kaltim dukung penuh Lomba Tari Jepen Kreasi se-Kelurahan Guntung Bontang Utara, dalam rangka memperingati HUT RI ke-74. Antusiasme masyarakat kental terasa, yang tumpah memenuhi lapangan Futsal Guntung pada Sabtu (24/8) malam untuk mendukung tim masing-masing.

Read More

Tercatat 9 tim perwakilan seluruh RT se-Kelurahan Guntung beradu kreasi tari jepen, untuk menjadi tim terbaik dan memperebutkan piala bergilir dari pemenang sebelumnya. Terlebih kegiatan ini salah satu agenda yang sangat ditunggu masyarakat, setelah terakhir digelar pada 2015 lalu.

“Sudah 4 tahun lomba ini tidak dilaksanakan, dan hari ini kembali kita gelar. Semoga ini menjadi awal yang baik untuk bisa lebih meriah di tahun berikutnya,” ujar Staf Hubungan Eksternal Departemen Humas Pupuk Kaltim Yudi Vergiono, mewakili Manajemen Perusahaan.

Menurut Yudi, dukungan Pupuk Kaltim pada kegiatan ini sebagai wujud apresiasi perusahaan kepada warga Bufferzone, yang telah menciptakan kondisifitas daerah disamping turut melestarikan tari jepen sebagai bagian budaya asli Kutai yang lekat dengan masyarakat Guntung.

Pupuk Kaltim juga sangat mendukung kegiatan bertema kebudayaan, agar terus menjadi identitas masyarakat untuk diteruskan kepada generasi muda. Apalagi budaya Kutai merupakan budaya asli Kalimantan Timur, yang wajib dipertahankan di tengah kemajuan zaman dan teknologi masa kini.

“Kami tidak menyangka ternyata sambutan masyarakat sangat luar biasa, dan ini membuktikan antusias warga Guntung terhadap pelestarian budaya daerah sangat tinggi,” tandas Yudi.

Manajemen Pupuk Kaltim dan Pihak Kelurahan Guntung bersama peserta Lomba Tari Jepen Kreasi (Foto: Timur)

Mewakili Pemerintah Kota Bontang, Lurah Guntung Ida Idris pun menyambut antusias lomba tari jepen kreasi, yang sejatinya begitu ditunggu masyarakat. Melalui lomba ini, semangat peringatan HUT RI di kawasan terdekat Pupuk Kaltim ini kata dia, juga makin terasa dengan kemeriahan yang jauh berbeda dari sebelumnya.

“Kami sangat merasakan meriahnya HUT RI tahun ini berkat partisipasi Pupuk Kaltim. Acara ini begitu luar biasa dan sangat kami nantikan, karena ini salah satu cara masyarakat melestarikan budaya daerah,” tutur Ida Idris.

Dirinya pun berharap di tahun berikutnya Pupuk Kaltim terus mendukung lomba jepen kreasi, sehingga indentitas budaya Kutai yang merupakan bagian dari masyarakat Guntung dapat terus dipertahankan.

“Semoga lomba ini berlanjut di tahun depan, dan Pupuk Kaltim terus mendukung kegiatan masyarakat Guntung,” harap Ida.

Penyerahan piala bergilir kepada pemenang lomba Tari Jepen Kreasi 2019 (Foto: Humas Pupuk Kaltim)

Kemeriahan makin terasa saat penampilan masing-masing tim, memadukan keserasian gerak dengan iringan tingkilan khas kutai. Dua jam berlangsung, warga makin riuh memenuhi lapangan futsal Guntung mendukung tim kebanggaan masing-masing.

Berdasarkan penilaian juri, RT 06 berhasil menjadi jawara lomba jepen kreasi tahun ini, dan berhak atas piala bergilir yang sebelumnya diraih RT 04. Selanjutnya RT 10 pada posisi kedua, dan RT 17 di posisi ketiga. Penghargaan diserahkan Yudi Vergiono bersama Ida Idris kepada masing-masing pemenang. (ram/ads)

Related posts