Panel Surya dan Genset Diperbaiki, Kampung Malahing Akhirnya Kembali Terang

Kawasan pesisir Malahing Bontang

TIMUR. Warga di Kampung Malahing, Kelurahan Tanjung Laut Indah, Kecamatan Bontang Selatan akhirnya kembali menikmati sambungan listrik setelah hampir 2 bulan gelap gulita akibat Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di sana rusak.

Read More

Pemkot Bontang melalui Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKP2) Bontang memperbaiki panel surya komunal. Sedangkan genset diperbaiki oleh PT Pupuk Kalimantan Timur.

Ketua RT 30 Kampung Malahing Nasir Laka’da mengatakan, sejak Kamis (16/2) lalu warga tidak lagi menggunakan alat bantu penerangan pada malam hari.

“Sudah satu minggu ini kami sudah masuk lagi pasokan listrik,” kata Nasir kepada Klik Kaltim (Timur Grup), Rabu (22/2/2023).

Dirinya masih berharap ada peremajaan PLTS dan pengadaan Genset baru di kampung wisata ini. Pasalnya kondisi dari dua alat bantu penerangan itu sudah berumur.

Sehingga kerusakan berulang bisa dihindari dan warga juga tidak perlu memakai lilin darurat. Apalagi, anak-anak yang sekolah kemarin sempat kesulitan belajar pada malam hari.

“Bisa lah dibantu untuk PLTS dan genset baru. Apalagi umurnya sudah cukup lama,” sambungnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman, dan Pertanahan, Edy Prabowo mengatakan, perbaikan SSC atau kontroler PLTS-nya sudah selesai dan dipasang kembali.

Sedangkan disinggung soal pengadaan PLTS baru masih belum bisa di tahun ini. Karena harus koordinasi dengan PLN. Bantuan genset bisa dilakukan menggunakan APBD Perubahan 2023 nanti.

“Alhamdulillah sudah bagus PLTS. Kita gerak cepat juga biar warga bisa kembali mendapatkan listrik,” tutur Edi.(*)

Follow dan Simak Berita Menarik Timur Media Lainnya di Google News >>

Related posts