Peringati Bulan Lingkungan Hidup 2019, Pupuk Kaltim Gelar Lomba Lintas Alam Antar Karyawan dan Pelajar

  • Whatsapp

TIMUR. Memperingati Bulan Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2019, Pupuk Kaltim menggelar Lomba Lintas Alam yang diikuti ratusan peserta lintas Departemen, didukung sejumlah kelompok pecinta alam di lingkungan perusahaan serta para pelajar SD, SMP dan SMA Yayasan Pupuk Kaltim (YPK) yang terbagi dalam beberapa kelompok. Kegiatan ini mengambil rute kawasan sekitar perumahan PC VI Pupuk Kaltim, Hutan Wanatirta dan berakhir di Taman Wisata Cibodas. Dibuka Direktur Produksi Pupuk Kaltim Bagya Sugihartana didampingi Manajemen Perusahaan, Sabtu (27/7) pagi.

Read More

Mewakili Panitia Pelaksana, Manager Lingkungan Hidup Pupuk Kaltim Akhmad Syamsul Arief, peringatan bulan lingkungan hidup merupakan agenda rutin tahunan perusahaan, yang sudah diprakarsai Pupuk Kaltim sejak 2010. Kegiatan ini juga ditujukan untuk memperingati hari lingkungan hidup sedunia, hari air dan hari bumi yang kali ini kami mengusung tema ” Beat Air Pollution”, sebagai bentuk keprihatinan akan banyaknya korban akibat polusi udara di dunia.

“Ada sekira 4 juta kematian di Asia Pasifik karena polusi udara, maka menjadi keharusan bagi kita untuk terus meningkatkan kualitas udara serta mengeksplorasi energi terbarukan dan teknologi hijau yang terjadi akibat aktivitas industri, transportasi dan juga domestik seperti limbah rumah tangga,” terang Syamsul Arief.

Direktur Produksi Pupuk Kaltim Bagya Sugihartana bersama Manajemen perusahaan ikut ambil bagian pada lomba lintas alam (Foto: Humas Pupuk Kaltim)

Peringatan bulan lingkungan hidup tahun ini pun juga upaya Pupuk Kaltim untuk terus meningkatkan kesadaran karyawan dan masyarakat terhadap lingkungan, sekaligus memberi edukasi pentingnya menjaga keselarasan dan kelestarian alam bagi generasi penerus. Termasuk menggali potensi dan inovasi yang berbasis lingkungan, serta mendukung pemerintah mewujudkan program Indonesia Hijau dan nawacita berbasis lingkungan hidup.

Guna mencapai tujuan tersebut, bulan lingkungan hidup Pupuk kaltim tahun ini pun menggelar beberapa kegiatan lain seperti lomba foto lingkungan, sosialisasi lingkungan kepada masyarakat, aksi bersih bersama pemerintah kota, serta diskusi buku mengenai lingkungan.

“Dari seluruh kegiatan itu kami berharap, bisa mencapai tujuan dilaksanakannya Bulan Lingkungan Hidup Pupuk Kaltim. Serta kesadaran karyawan dan keluarga besar perusahaan akan pentingnya menjaga lingkungan semakin meningkat,” tambah Syamsul Arief.

Direktur Produksi Pupuk Kaltim Bagya Sugihartana bersama Manajemen perusahaan ikut ambil bagian pada lomba lintas alam (Foto: Humas Pupuk Kaltim)

Senada, Bagya Sugihartana dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini sebagai sarana untuk mendorong partisipasi sekaligus meningkatkan kepedulian berbagai pihak terhadap lingkungan hidup, serta meningkatkan kesadaran global akan kebutuhan untuk mengambil tindakan yang positif bagi perlindungan alam dan planet. Termasuk menumbuhkan kesadaran untuk melestarikan iklim global dari ancaman polusi melalui sarana edukatif, dengan mengajak berbagai pihak menjaga kelestarian lingkungan hidup demi kehidupan generasi penerus.

“Peringatan Bulan Lingkungan Hidup merupakan wujud dukungan Pupuk Kaltim terhadap program pemerintah dalam menciptakan Indonesia Hijau,” ucap Bagya Sugihartana.

Dirinya mengimbau seluruh karyawan Pupuk Kaltim dapat berpartisipasi menciptakan sekaligus menjaga lingkungan sehat, serta aktif dalam upaya peningkatan kualitas lingkungan. “Saya juga mengimbau para karyawan mampu mengurangi gas emisi buang dari transportasi, serta membudayakan olahraga dalam aktivitas sehari-hari,” ungkapnya.

Tak hanya sekadar lintas alam, kegiatan ini juga memberikan sejumlah tantangan di beberapa rute, serta lomba yel-yel terbaik bagi tiap tingkatan peserta. Mulai katagori pelajar hingga dewasa (karyawan). (ram/ads)

Related posts