Tebar Manfaat Zakat, UPZ Pupuk Kaltim Salurkan Paket Sembako dan Bantuan Kesehatan bagi Warga Gusung

  • Whatsapp
UPZ Pupuk Kaltim Salurkan Paket Sembako dan Bantuan Kesehatan bagi Warga Gusung (Foto: Humas PKT)

TIMUR. Unit Pengumpul Zakat PT Pupuk Kalimantan Timur (UPZ PKT) salurkan 96 paket sembako dan dana kesehatan, untuk pengadaan alat P3K bagi warga Pulau Gusung Kecamatan Bontang Utara. Bantuan diserahkan Ketua UPZ PKT Nur Sahid, bersama jajaran Manajemen Perusahaan dan Wali Kota Bontang Basri Rase, pada Sabtu (4/9).

Read More

Dalam agenda ini, SVP Sekretaris Perusahaan Teguh Ismartono juga menyerahkan bantuan senilai Rp10 Juta untuk Masjid Al-Wahid.

Diungkapkan Nur Sahid, bantuan ini merupakan salah satu bentuk penyaluran zakat karyawan PKT yang dikelola UPZ PKT pada berbagai program. Bantuan sembako terdiri dari 5 kg beras, mie instan, minyak goreng, gula, kopi dan teh. Ditambah Bantuan Langsung Tunai (BLT) senilai Rp100 ribu, dengan total per paket senilai Rp300 ribu. Jumlah paket bantuan berdasarkan data penduduk di Pulau Gusung sebanyak 96 Kepala Keluarga (KK), yang telah diverifikasi UPZ PKT.

“Khusus dana kesehatan kami salurkan Rp5 Juta untuk alat P3K, sehingga total manfaat zakat yang disalurkan bagi warga Gusung senilai Rp33,8 juta,” ujar Nur Sahid.

Selama Semester 1 2021, UPZ PKT telah menyalurkan zakat karyawan PKT senilai Rp2,8 Miliar yang terbagi dalam 5 program, yakni kesehatan, pendidikan, dakwah advokasi, pemberdayaan ekonomi dan kemanusiaan. Program kesehatan berupa layanan berobat gratis melalui klinik sehat dhuafa, serta program blusukan ke mustahik untuk membantu kebutuhan alat kesehatan seperti kursi roda dan homecare.

SVP Sekretaris Perusahaan Teguh Ismartono bersama Walikota Bontang Basri Rase, serahkan bantuan Rp10 Juta untuk Masjid Al-Wahid Pulau Gusung (Foto: Humas PKT)

Program pendidikan berupa beasiswa bagi anak berprestasi dari keluarga kurang mampu di Bontang, termasuk penyelenggaraan berbagai pelatihan dalam mendukung peningkatan kapasitas SDM. Sedangkan untuk program kemanusiaan selama Covid-19, UPZ PKT telah menyalurkan 164 paket sembako isoman bagi warga di 15 Kelurahan Kota Bontang, bekerjasama dengan Pemerintah Daerah melalui Dinas Sosial.

“Begitu juga untuk program lain seperti pemberdayaan ekonomi, kami bersinergi dengan Baznas Kota Bontang untuk pengembangan program Zakat Mart,” tambah Nur Sahid.

Wali Kota Bontang Basri Rase, menilai bantuan sembako UPZ PKT bagi warga Gusung sangat tepat, mengingat pemenuhan kebutuhan harian merupakan hal pokok bagi masyarakat, utamanya di tengah pandemi Covid-19. Begitu juga ragam manfaat zakat yang disalurkan UPZ PKT pada berbagai program bagi para mustahik, merupakan wujud sinergi aktif antara Perusahaan dengan Pemkot Bontang.

“Kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kontribusi PKT bersama UPZ PKT, yang selama ini telah bersinergi dengan pemerintah untuk memberi manfaat bagi masyarakat Bontang,” kata Basri.

Dirinya menyebut perhatian PKT selama ini terbilang tinggi, utamanya membantu Pemerintah dalam penanggulangan Covid-19, hingga kepedulian bagi masyarakat di berbagai bidang. Basri berharap kontribusi PKT berjalan berkesinambungan, sehingga manfaat Perusahaan makin dirasakan masyarakat Bontang.

“Satu bulan terakhir kami bersama PKT terus keliling menyalurkan bantuan bagi masyarakat pesisir, agar seluruhnya mendapat perhatian yang sama. Apalagi di masa pandemi ini kerjasama serta kolaborasi itu penting dan itu yang dilaksanakan Pemerintah bersama PKT,” pungkas Basri. (*/nav)

Related posts