3 Hektare Hutan Bakau di Pulau Selangan Habis Dibabat

  • Whatsapp
Kawasan hutan mangrove yang dibabat oknum tak dikenal. (ist)

TIMUR. Pohon bakau di Pulau Selangan, Kelurahan Bontang Lestari dibabat orang yang tak dikenal. Hal itu disampaikan oleh Lurah Bontang Lestari Usman.

Read More

Ia mengatakan hutan bakau itu telah dibabat sekitar 3 hektar. “Sampai hari ini kita tidak tahu karena ke sana diam-diam,” ungkapnya.

Pihaknya mengetahui adanya pembabatan pohon bakau saat kegiatan di Pulau Selangan. Disitu ia mendengar suara mesin potong kayu dan dilihat ada aktivitas penebangan bakau liar.

“Karena jauh kan, seandainya boleh mendekati kita kesitu karena jauh dari jangkauan pemukiman kita tidak bisa menyeberang,” jelasnya.

Kata Usman, dari keterangan sekitar, warga yang membabat pohon bakau dilakukan karena mendapat kabar ada pembebasan lahan di wilayah tersebut.

Sehingga dilakukan penebangan, selanjutnya akan dikavling atau dipetak-petak.

“Itu informasi awal yang kami dengar,” terangnya.

Ia meminta, agar dinas terkait menindaklanjuti hal tersebut. Apabila dilakukan pembiaran, dikhwatirkan penebangan pohon bakau terus berlanjut. Serta dikhwatirkan ada kecemburuan sosial dengan Warga Selangan itu sendiri.

“Hal ini perlu diantisipasi oleh Pemerintah Kota, itukan dilarang. Satu batang pohon bakau kan tidak boleh, sementara mereka sudah pakai senso dihabisi,” timpalnya.(*)

Related posts