Basri Rase – Chusnul Dhihin Masih Berpeluang, Diberi Waktu Input Silon Dua Hari

Musyawarah penyelesaian sengketa Pasangan Basri - Chusnul di Kantor Bawaslu/M Rifki

TIMUR. Pasangan bakal calon Walikota Basri Rase-Chusnul Dhinin masih berpeluang maju lewat jalur Independen. Berdasarkan hasil putusan Badan Pengawas Pemilu Bontang, pasangan ini diberikan waktu selama dua hari (2×24 jam) untuk menginput data di Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

Read More

Keputusan ini ditetapkan usai Bawaslu menggelar musyawarah penyelesaian sengketa, terkait atas putusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bontang yang membatalkan pencalonan jalur independen pasangan Basri Rase dan Chusnul Dhihin

Musyawarah yang diikuti pasangan Basri Rase – Chusnul Dhihin, Ketua Bawaslu dan komisioner, serta Komisioner KPU Bontang Acis Maedy Puspa, Rabu (22/5/2024).

Mediasi berlangsung secara 1 jam ini menghasilkan keputusan pemberian kesempatan kepada Basri Rase dan Chusnul Dhihin untuk memperbaiki berkas pencalonan jalur perseorangan.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Bawaslu Bontang Aldy Atrian saat dijumpai di kantornya. Seluruh hasil ini diketahui sudah berdasarkan tanggapan mediasi baik pemohon dan termohon.

Selanjutnya hasil sengketa akan diserahkan untuk dijalankan oleh tim Basri-Chusnul. Sistem Informasi Pencalonan (Silon) juga akan dibuka kembali untuk memberikan kesempatan.

“Jadi hasil mediasi keinginan pemohon dikabulkan. Jadi Silon bisa dibuka kembali untuk mengurus kelanjutan berkas pencalonan jalur independen. Silon dibuka 2 hari,” ucap Aldy Atrian.

Ketua KPU Bontang Muzarroby Renfly, pun menerangkan proses pembukaan Silon akan dilakukan setelah menghasilkan kesepakatan dari mediasi bersama Bawaslu.

“Hasilnya Silon akan dibuka. Tunggu hasil koordinasi dengan KPU Provinsi. Silon dibuka 2 hari. Tapi untuk waktunya paling cepat sore atau malam ini,” ucap Roby.

Lebih lanjut KPU meminta, selama akses dibuka harus digunakan sebaik-baiknya. KPU tidak ingin kembali terjadi kasus pada 16 Mei 2024 lalu.

Secara regulasi KPU menjalankan hasil dsri putusan Bawaslu melalui mediasi pada hari ini. Akan ada pertimbangan waktu yang jadwalnya tidak melebihi batas Verifikasi Administrasi (29/5/2024).

“Jadi manfaatkan saja waktunya,” ucap Roby.(*)

Follow dan Simak Berita Menarik Timur Media Lainnya di Google News >>

Related posts