Berkat Mobil Sehat Pupuk Kaltim, Sumiati Kini Rutin Periksa Kesehatan

  • Whatsapp

TIMUR. Sumiati (57) warga RT 14 Kelurahan Loktuan Bontang Utara, tampak antusias menunggu antrean pemeriksaan kesehatan gratis Mobil Sehat Pupuk Kaltim Goes to RT  bekerjasama dengan Puskesmas Bontang Utara II, di Lapangan SMP Yayasan Nurul Iman Jalan Kapal Selam III Loktuan, pada Sabtu (13/7) pagi.

Read More

Bersama puluhan masyarakat sekitar, Sumiati mengaku rutin melakukan pemeriksaan dari layanan kesehatan yang diberikan Pupuk Kaltim secara cuma-cuma itu. Dan ini kali ketiga Sumiati melakukan pemeriksaan tensi darah dan kolesterol.

“Umur sudah tua, harus sering-sering di cek biar kesehatan terjaga,” ucap Sumiati kepada Timur.

Menurut dia layanan dengan metode Goes to RT ini sangat tepat, karena lebih menjangkau masyarakat yang terkadang kerap kesulitan mengakses pelayanan pemeriksaan kesehatan diri. Apalagi masyarakat yang bermukim jauh dari Kantor Kelurahan Loktuan, sering tidak mengetahui adanya layanan kesehatan jika tidak ke pasar.

“Malah dulu saya selalu tanya minggu depan pelayanan dimana, dan saya datangi kesitu. Kalau tempatnya jauh seperti di Guntung terpaksa tidak datang karena tidak ada yang antar. Tapi kalau didatangi tiap RT seperti ini, jelas sangat membantu untuk orang tua seperti saya ini,” tambah Sumiati.

Dirinya berharap pelayanan Mobil Sehat Pupuk Kaltim dapat terus dilaksanakan dengan metode serupa, karena manfaat yang sangat besar dan begitu dirasakan masyarakat sekitar perusahaan. Terutama bagi lansia, yang terkadang tidak mendapat pelayanan karena lokasi yang jauh dan hanya di satu titik saja.

“Kalau datang ke tiap RT seperti ini sangat memudahkan sekali, dan masyarakat juga senang karena pelayanan lebih dekat. Semoga kegiatan ini terus dilaksanakan Pupuk Kaltim dan Puskesmas untuk seterusnya,” harap Sumiati.

Antusias warga RT 14 Loktuan Bontang Utara cek kesehatan di layanan Mobil Sehat Pupuk Kaltim (Foto: Timur)

Penanggungjawab Mobil Sehat Pupuk Kaltim dari Puskesmas Bontang Utara II Sumarni, menyebut kegiatan mingguan ini dilaksanakan secara bergantian di dua Kelurahan Bufferzone, yakni Loktuan dan Guntung. Terdiri dari 52 RT di Loktuan dan 18 RT di Guntung. Dan untuk satu kali pelayanan, menjangkau seluruh masyarakat dari RT terdekat lokasi.

“Untuk lokasi kali ini, tak hanya masyarakat RT 14 Loktuan. Tapi juga masyarakat dari RT 12, 13 dan 15,” kata Sumarni.

Ada 5 pelayanan yang diberikan, mencakup usia bayi, remaja hingga lansia. Diantaranya vaksinasi, pemantauan tumbuh kembang anak, deteksi dini Penyakit Tidak Menular (PTM), serta distribusi Abate dan obat gizi. Termasuk sosialisasi Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA), dan deteksi dini kanker serviks bagi ibu rumah tangga. Jika ditemukan gangguan kesehatan khusus, akan segera diberi rujukan ke Puskesmas atau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

“Warga dengan temuan penyakit akan langsung dirujuk ke Puskesmas atau RSUD untuk segera ditindaklanjuti. Seperti hipertensi, DBD (Demam Berdarah Dengue) dan tingginya kadar gula darah” tandasnya.

Lima pelayanan yang diberikan merupakan masalah kesehatan yang belum terpecahkan beberapa tahun terakhir, sehingga perlu pemeriksaan secara intensif melalui Mobil Sehat. Agar tren penyakit masyarakat bufferzone bisa ditekan secara signifikan khususnya PTM.

“Setiap minggunya Mobil Sehat akan datang langsung ke masing-masing RT, sekaligus upaya antisipasi penyakit degeneratif sesuai survei indeks keluarga sehat 2018,” lanjut Sumarni.

Dirinya berharap kerjasama dan perhatian Pupuk Kaltim bagi masyarakat dapat terus berjalan kedepannya, agara kesehatan masyarakat sekitar perusahaan dapat dipantau dengan baik. Serta berbagai potensi penyakit pun dapat tertangani dan indek kesehatan masyarakat di Kelurahan Loktuan dan Guntung pada khususnya bisa semakin meningkat.

“Kali ini kami juga memfasilitasi adik-adik mahasiswa dari Universitas Gajah Mada (UGM) yang praktik di Pupuk Kaltim, untuk belajar penanganan kesehatan masyarakat. Semoga kerjasama ini bisa terus terjalin, agar kesehatan masyarakat bisa terpantau dengan baik,” harap Sumarni. (ikr/ads)

Related posts