TIMUR. Disinfeksi massal dalam menekan penyebaran Covid-19 di fasilitas publik yang dilaksanakan Pupuk Kaltim di 15 kelurahan, mendapat apresiasi seluruh Camat di Bontang. Setiap Camat berharap program ini terlaksana berkesinambungan, untuk antisipasi meluasnya Covid-19 di masyarakat.

Plt. Camat Bontang Utara Cahyo Hadi Wicaksono, mengungkapkan bantuan disinfeksi yang digelar Pupuk Kaltim merupakan salah satu langkah efektif menekan penyebaran Covid-19, mengingat fasilitas publik merupakan salah satu titik rentan penyebaran virus.

Apalagi di masa adaptasi kebiasaan baru, aktivitas masyarakat mulai berjalan normal dan butuh upaya antisipasi secara optimal. “Kami sangat menyambut baik program disinfeksi dari Pupuk Kaltim, karena program tersebut sangat dibutuhkan untuk antisipasi penyebaran virus di fasilitas publik Bontang Utara,” ujar Cahyo.

Dirinya berharap Pupuk Kaltim terus berkontribusi dalam penanganan dan antisipasi Covid-19 di Bontang, melalui berbagai upaya. Pihak Kecamatan juga akan mendukung seluruh program yang dijalankan Pupuk Kaltim untuk kepentingan masyarakat.

“Kecamatan Bontang Utara senantiasa mendukung seluruh program Pupuk Kaltim, sehingga manfaat Perusahaan makin dirasakan masyarakat,” terang Cahyo.

Covid Fighter tingkat Kelurahan di Bontang siagakan penyemprotan di seluruh fasilitas publik (Foto: Humas Pupuk Kaltim)

Plt. Camat Bontang Selatan Usman, pun mengaku perhatian dan kontribusi Pupuk Kaltim dalam menekan penyebaran Covid-19 di Bontang sangat baik, mengingat banyaknya program bantuan yang disalurkan sejak awal pandemi di seluruh wilayah Bontang, khususnya Bontang Selatan.

”Sepengetahuan kami, tak hanya di Bontang, tapi luar Bontang pun Pupuk Kaltim cukup aktif membantu penanganan Covid-19. Ini patut diapresiasi, semoga makin ditingkatkan dan berkesinambungan,” kata Usman.

Menurut dia, disinfeksi yang dilaksanakan relawan di tingkat kelurahan berjalan intensif, utamanya penyemprotan fasilitas umum dan area publik yang setiap hari diakses masyarakat, di antaranya rumah ibadah, pasar dan kawasan mangrove Berbas Pantai, yang merupakan salah satu titik publik wisata kuliner masyarakat Bontang.

“Harapan kami, melalui sinergi dan kerjasama antara Pupuk Kaltim dengan Kecamatan Bontang Selatan, penyebaran Covid-19 bisa terus kita tekan dengan maksimal,” tambah Usman.

Camat Bontang Barat Marthen Minggu, juga menilai ragam bantuan serta kepedulian Pupuk Kaltim bagi masyarakat di wilayahnya terlaksana secara berkesinambungan, melihat banyaknya bantuan yang telah disalurkan melalui Kecamatan maupun Kelurahan.

Bahkan beberapa fasilitas penunjang di Kantor Kecamatan untuk optimalisasi pelayanan masyarakat selama pandemi, juga dari bantuan Pupuk Kaltim. “Jadi tidak hanya disinfeksi saja, sebelumnya juga banyak bantuan Pupuk Kaltim bagi masyarakat di Bontang Barat,” ucap Marthen.

Terkait disinfeksi massal, juga telah berjalan di setiap kelurahan sesuai jadwal yang ditetapkan. Seluruh fasilitas umum di Bontang Barat sebagai prioritas utama penyemprotan, dilaksanakan pihak kelurahan bersama relawan yang dibentuk.

Dirinya menilai kehadiran Pupuk Kaltim memberi manfaat besar bagi masyarakat, karena kepedulian Perusahaan sangat membantu dalam penanganan Covid-19. Apalagi sejak adaptasi kebiasaan baru, bantuan tak hanya menyasar masyarakat langsung, tapi juga lembaga pendidikan, rumah ibadah dan lainnya untuk mendorong penerapan protokol kesehatan secara optimal.

“Semoga kepedulian Pupuk Kaltim untuk Kota Bontang makin ditingkatkan, karena kontribusi dan kehadiran Perusahaan sangat penting dalam mendukung pembangunan daerah,” pungkas Marthen. (*/nav)