TIMUR. Seiring majunya Etha Rimba Paembonan di Pilkada Toraja Utara, DPC Gerindra Bontang usulkan 2 nama pengganti ke DPD Gerindra Kaltim, sebagai calon pengganti Etha di kursi DPRD Bontang, yakni Sutarmin dan Siti Muayanah.

Keduanya dipilih berdasarkan sejumlah pertimbangan, diantaranya perolehan suara mereka ada di bawah Etha, di Dapil Bontang Barat.

“Kami juga melihat loyalitas dan kinerja keduanya dalam membesarkan partai,” kata Ketua DPC Gerindra Bontang Agus Haris.

Surat rekomendasi dua nama itu pun telah dikirim ke DPD Gerindra Kaltim, untuk penentuan nama pengganti Etha. Setelah ada keputusan, partai akan meneruskan rekomendasi ke DPRD Bontang.

“Kemungkinan pelantikan digelar November nanti,” tandas Agus Haris.

Namun begitu, ada opsi lain yang juga disiapkan DPD Gerindra Kaltim, yakni membuka kesempatan keduanya menjabat di DPRD Bontang secara bergantian.

Sutarmin akan menduduki masa jabatan lebih lama, yakni 2,5 tahun, mengingat ia meraup suara tertinggi kedua setelah Etha. Sementara 1,5 tahun sisa jabatan akan diamanahkan ke Siti Muayanah.

“Tapi kalau merujuk Peraturan KPU (PKPU), Pak Sutarmin yang akan maju, karena suaranya dibawah bu Etha. Tapi partai tentu punya pertimbangan lain,” pungkasnya.(*)