Hadirkan Inovasi Kekinian, Membaca di Perpustakaan Bontang Senyaman di Rumah

  • Whatsapp

TIMUR. Publik Bontang patut berbangga. Sebab pusat literasi kota, yakni perpustakaan kota (selanjutnya Perpuskot) menerima panji keberhasilan dari Pemprov Kaltim. Ini artinya Perpuskot Bontang merupakan yang terbaik Se-Kaltim.

Read More

Penghargaan ini diterima langsung Plt Kadis Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Bontang, Retno Febri Aryanti di Samarinda, Jumat (10/1/2020) pekan lalu.

Dijelaskan Retno, DPK Bontang berhasil meraih panji lantaran dinilai berhasil mencetak sejumlah program yang membuat perpustakaan nyaman, dan meningkatkan kunjungan publik.

Adapun inovasi unggulan tersebut yakni mengubah ruang baca di lantai dasar. Dari awalnya hanya berupa jejalan meja, kursi dan rak-rak buku, kini berubah menjadi lebih santai. Dengan mengusung konsep membaca seperti di rumah sendiri (homey), pengunjung dapat membaca santai sembari duduk di sofa-sofa empuk, kursi malas (lazy bag), dan kursi gantung.

“Konsep homey dalam ruang baca kita sangat diapresiasi. Baik oleh publik, maupun provinsi,” ujar Retno Febriyanti kala dihubungi KlikBontang (Timur Grup) melalui sambungan telepon.

Selain mengubah wajah ruang baca yang awalnya kaku menjadi lebih “ceria”, layanan malam atau Night Library juga mendapat poin cukup tinggi.

Kombinasi keduanya, ruang baca nyaman dan layanan dibuka hingga pukul 21.00 Wita ternyata ampuh menggerek jumlah pengunjung. Retno menyebut, sejak keduanya diluncurkan akhir tahun 2019 silam, jumlah kunjungan ke perpustakaan meningkat drastis. Dari awalnya hanya puluhan kunjungan per hari, lantas melonjak menjadi 250-300 pengunjung. Bahkan di akhir pekan, bisa hingga 500-an orang.

“Weekend bisa sampai 500 orang yang ke perpus, mbak,” bebernya.

Retno menuturkan bahwa pihaknya senantiasa memberi pelayanan terbaik pada publik. Seluruh upaya yang dilakukan ini untuk mengajak publik berbondong-bondong ke perpustakaan. Mimpi besarnya, ujar Retno, perpustakaan seutuhnya menjadi pusat literasi warga Kota Taman. Serta terus menyebarkan budaya membaca buku. (Fit)

Related posts