Hasil Swab 10 ODP dan OTG di Bontang Terkonfirmasi Negatif Covid-19

  • Whatsapp
infografis perkembangan Covid-19 Bontang per 13 Mei 2020 (sumber: Diskominfo Bontang)

TIMUR. Perkembangan Covid-19 di Bontang makin membaik, terbaru hasil swab terhadap 10 Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Orang Tanpa Gejala (OTG) terkonfirmasi negatif, meski sebelumnya dinyatakan reaktif dengan hasil positif pada rapid test. Melansir rilis Gugus Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Bontang, 10 ODP dan OTG tersebut orang dengan kontak erat kasus, pegawai fasilitas kesehatan, dan pelaku perjalanan.

Read More

“10 Orang Tanpa Gejala (OTG) dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) dengan rapid tes reaktif hasil swab terkonfirmasi negatif,” tulis rilis yang diterima redaksi Timur, Rabu (13/5/2020).

Selanjutnya, penambahan status monitoring ada 18 orang, dengan total 6.947 orang. Dan 5.894 diantaranya selesai monitoring. Kemudian ODP selesai pemantauan ada 2 orang dan OTG selesai pemantauan 7 orang. Sedangkan pasien positif dalam perawatan di RSUD Taman Husada ada 7 orang dari total 11 pasien, setelah 4 diantaranya dinyatakan sembuh dengan hasil swab negatif.

Seiring kembali dibukanya berbagai moda transportasi oleh Pemerintah, pun disebutkan mulai ada masyarakat dalam pengecualian yang butuh hasil rapid tes dan surat sehat. Terkait hal itu, Rapid test saat ini bisa didapatkan di sejumlah Fasilitas Kesehatan seperti RSUD Taman Husada, RS PKT, RS Amalia dan RSIB Yabis.

Saat ini gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Bontang, Posko PSC dan Puskesmas hanya melakukan rapid tes untuk rujukan kasus dan penatalaksanaan kasus COVID-19, seperti kontak erat kasus, OTG, ODP, dan pegawai fasilitas kesehatan atau petugas lain dalam rangka penanganan dan pencegahan COVID-19.

“Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Bontang Posko PSC hanya membuat Surat Pernyataan Sehat terkait kasus COVID-19 (Status Monitoring, OTG, ODP, PDP Ringan) berdasarkan data dan laporan di Posko PSC. Tidak membuat keterangan sehat untuk keperluan lain-lain,” lanjut rilis tersebut. (*)

Related posts