TIMUR. Dua balita kakak beradik kasus 18-BTG dan 19-BTG hari ini dinyatakan sembuh dan terkonfirmasi negatif Covid-19. Keduanya pun kini telah dibolehkan kembali ke rumah, setelah menjalani perawatan di RSUD Taman Husada sejak 17 Juli 2020.

“Terkait dua anak balita kita, Alhamdulillah hasilnya negatif dan hari ini sudah dibolehkan pulang,” kata Kepala Dinkes Bontang Bahauddin, saat press conference virtual, Selasa (4/8/2020) sore.

Selain sembuhnya dua pasien balita, pelayanan Puskesmas Bontang Selatan 1 yang sebelumnya diberlakukan karantina wilayah atas kasus tersebut, pun sudah mulai dibuka sejak Senin (3/8/2020) kemarin. Menyusul keluarnya hasil swab 37 pegawai puskesmas dengan konfirmasi negatif, dan seluruhnya juga telah menjalani masa karantina mandiri selama 14 hari.

Karantina wilayah dilakukan karena ibu pasien merupakan perawat, dan tetap masuk kerja hingga kedua balita terkonfirmasi positif Covid-19. Maka untuk langkah antisipasi, pelayanan puskesmas ditutup sementara sambil menunggu hasil swab seluruh pegawai puskesmas.

“Hasil swab seluruh pegawai Puskesmas juga sudah keluar, dan seluruhnya negatif,” tambah Bahauddin.

Sebelumnya, kedua pasien balita kakak beradik ini memiliki riwayat perjalanan kembali ke Bontang dari Trenggalek, diantar kakeknya. Tiba di Bontang pada 25 Juni 2020 dan memiliki gejala awal batuk pilek serta bersin. Hingga kemudian dilakukan swab dan terkonfirmasi positif Covid-19 pada 17 Juli 2020. (*)