TIMUR. Bukan hanya sekali mendapat bantuan Alat Pelindung Diri (APD), Rabu (6/5/2020) Kaltim kembali menerima bantuan APD dari Kemenkes pusat. Bantuan tersebut diangkut menggunakan pesawat Hercules milik TNI Angkatan Udara (AU) di landasan udara Dhomber Balikpapan.

Bantuan tersebut diserahkan oleh Dandim 0905/BPP Kolonel Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa mewakili Kodam VI Mulawarman kepada Direktur Rumah Sakit Kanudjoso Djatiwibowo Balikpapan Eddy Iskandar, mewakili Provinsi Kaltim.

“Pemerintah pusat selalu hadir untuk memberikan penanganan membantu gugus tugas daerah,” kata Dandim Sujarnawa.

Direktur RSKD Eddy Iskandar mengatakan, bantuan 95 koli yang berisi APD berupa baju APD akan didistribusikan oleh Dinas Kesehatan kabupaten dan kota untuk diberikan ke masing masing rumah sakit, yang kekurangan APD dan tidak ada APD.

“Jika bantuan terpakai dan kurang di RS, bisa menghubungi Dinas Kesehatan setempat atau menghubungi gugus tugas Covid-19 setempat,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Wakil Walikota Balikpapan Rahmad Masud, berharap bantuan APD tersebut dapat bermanfaat khususnya bagi tenaga medis.

“Yang paling penting bagaimana kedisiplinan kita. Kami berharap kepedulian masyarakat, karena upaya pemerintah tidak akan berhasil tanpa kedisiplinan masyarakat,” katanya. (*)