Kelurahan Berebas Tengah Terbaik II Kelurahan se-Kaltim

  • Whatsapp

TIMUR. Kelurahan Berebas Tengah berhasil menorehkan prestasi gemilang. Yakni menyabet juara II dalam lomba Kelurahan tingkat Provinsi Kaltimantan Timur (Kaltim) tahun 2019.

Read More

Keputusan itu tertuang dalam surat yang diterbitkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Kaltim, nomor 414.4/83/DPM-PD/VII/2019. Terbit 2 Juli 2019 lalu.

Berdasarkan seleksi administrasi. Penilaian video, visualisasi, dan penilaian presentasi terhadap desa atau kampung dan kelurahan tingkat Provinsi Kaltim, maka ditetapkan tiga kelurahan pemenang lomba.

Di tempat pertama terdapat Kelurahan Teritip, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan juara pertama dengan nilai 317,15. Kedua ada Kelurahan Brebas Tengah, Kecamatan Bontang Selatan, Kota Bontang juara kedua dengan nilai 295,63. Sedang ketiga diraih Kelurahan Mugirejo, Kecamatan Sungai Pinang, Kota Samarinda juara ketiga dengan nilai 287,29.

Lurah Berebas Tengah, Muhammad Mahfudz menuturkan, pihaknya sangat bangga atas prestasi ini. Lantaran ini kali perdana kelurahan yang terletak di ujung Selatan Bontang itu meraih prestasi demikian gemilang. Terlebih selama ini Berebas Tengah acap dikenal sebagai salah satu kawasan minor di kota ini.

Raut bahagia begitu terpancar dari wajah Lurah Mahfudz. Kala menceritakan keberhasilan diperoleh Berebas Tengah dalam lomba tingkat provinsi ini. Maklum saja, belum genap setahun mengabdi. Namun ia beserta stafnya mampu mencetak prestasi, yang mana itu spesial dipersembahkan bagi warga Berebas Tengah.

“Tentunya kami sangat bangga. Ini akan jadi pemacu bagi kami untuk terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat,” ujar Lurah Mahfudz belum lama ini.

Dirinya belum mengetahui pasti kelehaman Berebas Tengah hingga tak mampu meraih juara 1. Lantaran itu menjadi rahasia dewan juri.

Namun kabarnya, Berebas Tengah gagal sabet juara 1 sebab belum menerapkan prodeskel online. Tapi itu bukan hanya Berebas Tengah. Rata-rata kelurahan di Bontang memang belum terapkan sistem online itu.

“Tapi nggak apa-apa. Itu jadi bahan pejaran buat kami juga. Untuk terus berbenah,” ungkapnya.

Disinggung perihal kelebihan Berebas Tengah. Lurah Mahfudz mengaku tak begitu tahu. Sebab ia tak bisa membandingkan kelurahan lain yang menjadi kompetitor.

Namun ia merasa, Berebas Tengah unggul dalam inovasi kesehatan melalui Pos Kesehatan Kelurahan (Poskel).

“Pas mereka (kompetitor) presentasi, kita enggak bisa lihat. Cuma kayaknya kita unggul di Poskel,” ujarnya.

Adapun prosesi penyerahan hadiah berupa uang pembinaan dan cinderamata dilakukan Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim, Moh Jauhar Efendi. Usai apel pagi yang digelar di halaman kantor DPMPD Kaltim. Jalan MT Haryono, Kelurahan Air Putih, Kecamatan Samarinda Ulu, Samarinda, Senin (29/7/2019) pagi.

Sebagai informasi. Lomba kelurahan tingkat provinsi merupakan agenda tahunan Pemprov Kaltim. Sebagai bentuk apresiasi kepada kabupaten/kota dan pihak yang dianggap berjasa dalam melaksanakan pembangunan di Kaltim. (*)

Related posts