Kembangkan Potensi Wisata, Pupuk Kaltim Dukung Race Laut Bontang Kuala

  • Whatsapp

TIMUR. Peduli pelestarian budaya dan olahraga daerah sebagai salah satu potensi wisata Kota Bontang, Pupuk Kaltim dukung penuh perhelatan Race Laut dalam memeriahkan Pesta Laut Bontang Kuala ke-7 tahun 2019. Agenda tahunan itu melibatkan puluhan pebalap se-Kalimantan Timur, dilaksanakan selama tiga hari mulai 29 November-1 Desember 2019 di kawasan wisata Bontang Kuala.

Read More

Perlombaan terdiri dari dua kategori, yakni Lomba Perahu Kapal dan Lomba Ketinting dengan tiga kelas untuk tiap kategori. Lomba Perahu Kapal terdiri dari lomba perahu kapal balap se-Kaltim mesin 1, lomba perahu kapal balap lokal Bontang mesin 1, dan lomba perahu kapal kelas mesin 2 standart 1. Kemudian Lomba Ketinting terdiri dari kelas Lunas, kelas Kape-kape, dan kelas Underbound.

Sementara untuk kepesertaan, lokal Bontang diikuti perwakilan Bontang Kuala, Tanjung Limau, Gusung, Malahing dan Selangan. Sedangkan Luar Bontang diikuti pebalap dari Muara Kembang, Muara Badak, Sepatin, Bengalon, Samarinda, Pengempang dan Handil.

“Race Laut ini sebagai upaya menjalin silaturahmi dengan pecinta balap kapal di Bontang dan Kalimantan Timur, disamping mempertahankan budaya asli lokal dalam mendukung pariwisata daerah,” ujar Ketua Pelaksana Race Laut Bontang Kuala Abdul Kadir, saat pembukaan lomba pada Jumat (29/11) pagi.

Staff Eksternal Departemen Humas Pupuk Kaltim Yudi Vergiono, mengatakan Pupuk Kaltim setiap tahun selalu terlibat mensukseskan Race Laut disamping rutin mendukung penuh Pesta Laut Bontang Kuala. Hal ini wujud harmonisasi antara perusahaan dan masyarakat, agar kedepan tatanan serta hubungan baik yang selama ini terbina makin ditingkatkan.

Apalagi Race Laut merupakan agenda budaya yang mengakomodir para pecinta balap kapal lintas generasi, sehingga dengan dukungan Pupuk Kaltim diharap kegiatan ini tak lekang oleh waktu dan terus menjadi bagian identitas masyarakat lokal Bontang khususnya Bontang Kuala.

“Maka dari itu Pupuk Kaltim terus mensupport kegiatan teman-teman di Bontang Kuala, sehingga budaya masyarakat bisa terus dipertahankan dengan baik,” ucap Yudi.

Menurut dia, ini dukungan ketiga yang diberikan Pupuk Kaltim terhadap kegiatan serupa satu tahun terakhir. Setelah sebelumnya Pupuk Kaltim juga mendukung lomba balap ketinting di Selambai Kelurahan Loktuan dalam rangka HUT RI ke-74, bekerjasama dengan Ikatan Pemuda Selambai Berkarya (IPSB). Serta Balai Taman Nasional Kutai (TNK) di Pelabuhan Tanjung Limau.

“Apalagi mulai tahun ini di Bontang Kuala juga digelar Lomba Perahu Naga, dan ini bisa menjadi sarana berlatih bagi para atlet untuk mengikuti agenda yang lebih tinggi agar mampu membawa nama baik daerah,” tambah Yudi Vergiono.

Wakil Walikota Bontang Basri Rase, yang hadir pada kesempatan itu mengapresiasi dukungan yang diberikan Pupuk Kaltim pada Race Laut setiap tahun. Kehadiran Pupuk Kaltim sebagai sponsor utama menjadikan kemeriahan Pesta Laut Bontang Kuala begitu terasa, apalagi race laut merupakan salah satu hiburan yang begitu ditunggu masyarakat setiap tahun.

Dikatakannya, race laut maupun pesta laut Bontang Kuala merupakan salah satu potensi pariwisata daerah yang terus digencarkan Pemerintah Kota Bontang, agar bisa berkembang untuk menarik minat wisatawan. Dan dengan dukungan perusahaan hal itu diharap mampu tercapai, terlebih Bontang memiliki sumberdaya alam serta sumberdaya manusia dengan keanekaragaman latar belakang budaya, untuk saling berpadu mengelola pariwisata di berbagai sektor.

“Pemerintah Kota Bontang mengucapkan terima kasih atas dukungan perusahaan dalam mensukseskan pesta laut maupun race laut Bontang Kuala. Semoga dengan sinergi yang terjalin, upaya kita mendorong peningkatan pariwisata mencapai hasil yang optimal,” kata Basri. (ikr/ads)

Related posts