Mobil Imun Goes to RT Pupuk Kaltim Disambut Antusias Warga Guntung

  • Whatsapp

TIMUR. Sekian kalinya Pupuk Kaltim bekerjasama dengan Puskesmas Bontang Utara 2 menggelar pemeriksaan kesehatan gratis bertajuk “Mobil Imun Goes to RT” bagi masyarakat bufferzone, yang kali ini berlangsung di area Masjid Al Hikmah Kelurahan Guntung. Sabtu (11/5) pagi.

Read More

Puluhan masyarakat sekitar dari RT 17 hingga 19 Kelurahan Guntung datang memeriksakan kesehatan, dibantu para petugas dengan 5 pelayanan. Diantaranya vaksinasi, pemantauan tumbuh kembang anak, deteksi dini Penyakit Tidak Menular (PTM), sosialisasi dan informasi kesehatan, serta distribusi Abate dan obat gizi.

” Sosialisasi kali ini kita berikan pemahaman tentang Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA), untuk deteksi dini kanker serviks bagi ibu rumah tangga. Sedangkan pemeriksaan kesehatan, ditemukan beberapa warga dengan hipertensi yang tidak terkontrol dan gula darah tinggi,” ujar Penanggungjawab Mobil Imun Pupuk Kaltim dari Puskesmas Bontang Utara 2 Sumarni.

Menurut dia, warga dengan temuan penyakit tidak menular langsung dirujuk ke Puskesmas Bontang Utara 2 untuk segera ditindaklanjuti, agar potensi penderita bisa diminimalisir dengan baik. Apalagi tren penyakit yang ditemukan masih didominasi hipertensi, Demam Berdarah Dengue (DBD), serta tingginya kadar gula darah.

Lima pelayanan yang diberikan kata Sumarni, merupakan masalah kesehatan yang belum terpecahkan beberapa tahun terakhir, sehingga perlu pemeriksaan secara intensif setiap bulan melalui Mobil Imun. Agar tren penyakit masyarakat bufferzone bisa ditekan secara signifikan khususnya PTM.

“Karena masih banyak warga yang belum memeriksakan kesehatan mereka secara berkala, padahal itu sangat penting. Termasuk tes IVA, beberapa ibu rumah tangga bahkan mengaku belum sama sekali melakukan tes,” tambah Sumarni.

Sementara Ketua RT 17 Kelurahan Guntung Hasanuddin, menyambut baik sekaligus mengapresiasi Mobil Imun Goes to RT yang dilaksanakan Pupuk Kaltim bersama Puskesmas Bontang Utara 2. Dikatakannya, kegiatan ini merupakan salah satu hal yang sangat dinanti sejak pertama kali digelar, bahkan tingkat kesadaran masyarakat untuk memeriksakan kesehatan secara rutin terus meningkat setiap bulannya.

“Termasuk saya, juga rutin periksa kesehatan. Apalagi disini gratis dan pelayanannya pun maksimal,” kata Hasanuddin.

Dirinya menyebut dengan kegiatan ini masyarakat yang belum pernah melakukan Medical Check Up, dapat terakomodasi dan mulai memahami pentingnya pemeriksaan kesehatan secara berkala. Bahkan dari 230 warga RT 17, kini rutin melakukan pemeriksaan dengan mendatangi lokasi yang ditentukan setiap bulannya.

“Terima kasih kepada Pupuk Kaltim yang telah memfasilitasi pemeriksaan kesehatan bagi warga kami. Semoga ini terus berlanjut, dan tingkat kesehatan masyarakat lebih meningkat,” harap Hasanuddin.

Diketahui, Mobil Imun Goes to RT merupakan pengembangan program kesehatan gratis dari Pupuk Kaltim bagi warga bufferzone, bertajuk Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) yang digagas sejak 2017. Konsep Mobil Imun dilaksanakan dengan metode jemput bola ke tiap RT bufferzone, karena dinilai lebih efektif menjaring masyarakat agar lebih terdorong memeriksakan kesehatan diri secara berkala.

Apalagi Posbindu sebelumnya dilaksanakan di satu titik yang sama setiap dua minggu, sehingga masih banyak warga belum terakomodir karena tempat tinggal yang jauh dari lokasi Posbindu.

“Dari evaluasi akhirnya kami inisiatif jemput bola hingga tingkat RT, agar seluruh warga bisa mendapat pemeriksaan kesehatan yang layak dan merata,” papar Staff Departemen CSR Pupuk Kaltim Esti Yuli Wulandari, saat launching Mobil Imun Goes to RT beberapa waktu lalu. (ram/ads)

Related posts