Produta Kecamatan Selatan Masuk Tahap Verifikasi

  • Whatsapp

TIMUR. Program Dua Ratus Juta (Produta) yang menjadi unggulan Wali Kota Neni Moerniaeni akan kembali diluncurkan tahun 2019 ini. Sesuai dengan janji kampanye pasangan wali kota dan Wakil wali kota tersebut. Tahun 2019 ini, Produta diyakini akan lebih efektif penyerapannya.

Read More

Kepala Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan Bontang Selatan M Baslan menuturkan, Produta saat ini telah masuk dalam perencanaan dan perhitungan. Dan dalam waktu dekat siap diluncurkan. Baslan meyakini bahwa Produta tahun ini yang berasal dari rembuk warga akan mampu mengakomodir semua aspirasi.

“Hasil dari rembuk warga tahun 2018 ini kita tampung dan verifikasi lebih jauh untuk dimasukkan dalam anggaran dengan kurang lebih dari 300 kegiatan,” ujar Baslan, ditemui di Kantor Kecamatan Selatan.

Baslan mengatakan, Produta juga mengalami perbaikan dalam sistem administrasi. Proses pencairan Produta tahun ini tidak lagi mudah. Ada banyak administrasi yang dilalui karena ini barang hibah yang pertanggungjawabannya harus jelas dan autentik.

“Jadi memang banyak tahapan dalam pencairan dana untuk kegiatan. Itu Sudah diatur dalam regulasi yang dibuat oleh Pemkot Bontang. Kami memastikan Juni mendatang sudah ada dana yang turun ke kelurahan,” ujarnya.

Ia juga mengaku produta ini memang diperuntukkan langsung menyentuh kepada masyarakat.
Beberapa pekerjaan yang diusulkan dalam Produta adalah pembuatan jalan, parit, pengadaan tarup, lampu penerangan jalan, pembuatan Posyandu dan pengadaan kursi. Hingga saat ini, pihaknya sudah melakukan verifkasi sebanyak 201 RT dari 6 kelurahan, khususnya di Bontang Selatan.

“Tim kami sudah bekerja dan terus melakukan verifikasi termasuk mengecek langsung barang yang sesuai dengan permintaan warga,” ujarnya.

Dikatakan, Produta ini besarannya disesuaikan dengan keuangan daerah. Bisa saja masing-masing RT mendapatkan kucuran anggaran yang besarannya berbeda-beda tergantung kebutuhan. Tetapi dia memastikan bahwa pencairan dananya bisa langsung dicairkan.

“Data rembuk warga yang masuk pada kami sudah 60 persen. Namun, masih dilakukan verifikasi oleh tim kami,” ungkapnya.

Ia berharap Produta ini mampu menjawab kebutuhan sesuai dengan hasil rembuk warga. Saat rembuk warga, seluruh perangkat RT mengemukakan usulan dan kebutuhan mereka. Melalui Produta, diharapkan seluruh kebutuhan warga di lingkup wilayah terkecil Bontang bisa terselesaikan. (*)

Related posts