Camat Bontang Selatan Minta Warganya Diberdayakan di Proyek Citimall

  • Whatsapp
Camat Bontang Selatan Sarifuddin

TIMUR. Camat Bontang Selatan Sarifuddin, meminta kontraktor pembangunan proyek Bontang Citimall (BCM) untuk memberdayakan warganya, menyusul adanya laporan yang ia terima jika banyak warga yang mengaku tidak diberdayakan pada proyek tersebut.

Read More

Diungkapkan Sarifuddin, masyarakat di sekitar lokasi proyek butuh perhatian dan diberdayakan, sesuai kapasitas dan pengalaman yang dimiliki. Sebab bagaimanapun mereka juga terdampak dari adanya pembangunan mall.

“Ada yang menanyakan ke kantor (Kecamatan Bontang Selatan) untuk mencari tahu tentang penerimaan tenaga kerja di BCM,” ujar Sarifuddin, saat Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi Gabungan DPRD, Rabu (24/6/2020).

Dirinya berharap kontraktor pelaksana pembangunan BCM, dapat mengakomodir dan memberdayakan warga Bontang Selatan sebagai tenaga kerja, maupun saat mall tersebut nantinya beroperasi.

“Karena banyak yang melapor jika warga kami belum ada yang dipekerjakan,” tambah Sarifuddin.

Menanggapi itu, perwakilan PT Brantas Abipraya, Ibrahim, mengatakan pihaknya belum paham adanya regulasi yang tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) tenaga kerja lokal Bontang, yang mengharuskan mengakomodasi 75 persen warga lokal untuk proyek yang dikerjakan.

Menurut dia, hingga kini pihaknya baru mempekerjakan 1 orang lokal untuk kebutuhan pengamanan lokasi (security), dan untuk selanjutnya akan diproses melalui Dinas Ketenagakerjaan Kota Bontang.

“Saat ini sudah kami proses, dan perekrutan tenaga kerja kami ajukan lewat Disnaker,” kata Ibrahim. (*)

Related posts