Rapid Test 2 Warga Bontang dari Ijtima Gowa Positif, Pemkot Tunggu Hasil Swab

  • Whatsapp

TIMUR. Pemerintah Kota Bontang lakukan Rapid test kepada warga Bontang dari jamaah Ijtima Ulama di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan, hasil sementara didapati 2 warga positif tanpa gejala atau Orang Tanpa Gejala (OTG). Keduanya nya pun kini telah menjalani perawatan medis di RSUD Taman Husada Bontang, sejak Selasa (14/4/2020) sore.

Read More

Hasil tersebut diungkapkan langsung Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni kepada wartawan, Rabu (15/4/2020). Jamaah ini baru menjalani rapid test, Selasa kemarin. Diketahui, keduanya merupakan laki-laki berusia 40 dan 50 tahun berdomisili di Kelurahan Tanjung Laut, Bontang Selatan.

Dikatakan Wali Kota, dua warga tersebut diantaranya satu pekerja swasta, dan satu lainnya merupakan tenaga medis di salah satu fasilitas kesehatan di Bontang. Rapid test dilakukan sebagai skrining awal untuk mendeteksi antibodi. Pemeriksaan rapid test dimulai dengan mengambil sampel darah yang bersangkutan.

“Belum tentu swabnya positif, bisa jadi hasilnya negatif, karena ini baru skrining awal. Kita tidak bisa mengatakan dia positif corona, tapi dia ada riwayat mengikuti Ijtima Gowa.” ungkapnya.

Dijelaskan Neni,terdapat 40 warga Bontang yang diketahui berangkat ke Gowa. Seluruhnya telah didata oleh Dinas Kesehatan, beberapa diantaranya telah dilakukan pemeriksaan.

“Yang baru di rapid test 8 orang, yang lain negatif, 2 ini positif, tapi semoga swabnya negatif Covid-19,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Bontang, Bahauddin menambahkan pihaknya sudah mengetahui 30 orang peserta Ijtima Gowa. Kini, mereka telah menjalani isolasi mandiri. Selebihnya masih di-tracing mereka yang ikut dalam gelombang kedua, termasuk keluarga dan orang-orang yang pernah berinteraksi.

Diketahui, rombongan peserta jamaah Ijtima Gowa se-Asia beberapa waktu lalu diketahui ada yang terjangkit Covid-19, klaster Ijtima Ulama Dunia Zona Asia itu diikuti oleh ribuan Jemaah dari berbagai daerah di Indonesia dan negara tetangga.(*)

Related posts