Satu-satunya di Kalimantan, BLKI Bontang Akan Bangun Workshop Las Bawah Air

Kepala UPTD BLKI Bontang Ismid Rizal menunjuk lokasi pembangunan Underwater Welding/ M Rifki- Klik Kaltim.

TIMUR. Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Kota Bontang mendapat bantuan pembangunan workshop sertifikasi Under water Welding atau las di dalam air.

Read More

Rencananya pembangunan lokasi itu akan berlangsung di 2024 awal. Jika terealisasi, maka sarana ini menjadi satu-satunya workshop Undewater Welding milik pemerintah yang ada di Kalimantan.

Kepala UPTD BLKI Bontang Ismid Rizal mengatakan, pembangunan itu akan dibiayai menggunakan APBD Provinsi Kaltim.

Pagu yang dianggarkan berkisar Rp 11 miliar. Nanti akan dibangun sekitar 4 kolam. Satu kolam khusus tempat mengelas dalam air, tiga kolammnya digunakan untuk latihan penyelaman.

“Nah untuk DED dan izin kita garap di APBD Provinsi Perubahan 2023 ini. Kalau sudah terbangun ini juga jadi yang kedua BLKI milik pemerintah punya fasilitas Underwater Welding,” kata Ismid Rizal, kepada Klik Kaltim (Timur Media Grup).

Untuk luasan lahan yang tersedia sudah ditentukan. Berada di halaman depan BLKI yang berada di Jalan Taman Prestasi Kelurahan Bontang Lestari.

Agar lebih matang dirinya juga akan mendatangi BLKI Jakarta yang sudah lebih dulu memiliki tempat sertifikasi las di dalam air.

“Besok kami akan berkunjung ke Condet BLKI Jakarta. Jadi memang ini merupakan inovasi agar BLKI Bontang lebih diminati,” tuturnya.

Sejauh ini pelatihan sertifikasi yang paling diminati ialah kelistrikan, dan pengelasan. BLKI Bontang juga sudah mengeluarkan banyak jebolan yang handal usai mengikuti pelatihan.

“Kalau sekarang yang memang paling unggulan ada dua. Kelistrikan, dan pengelasan. Nah ini kita mau kembangkan lagi sesuai dengan kebutuhan industri yang terus berkembang,” pungkasnya.(*)

Follow dan Simak Berita Menarik Timur Media Lainnya di Google News >>

Related posts