Sederet Mandat Erick Thohir ke Rahmad Pribadi, Dirut Baru Pupuk Indonesia

Menteri BUMN Erick Thohir

TIMUR. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir baru merombak direksi PT Pupuk Indonesia (Indonesia). Rahmad Pribadi diangkat sebagai Direktur Utama Pupuk Indonesia menggantikan Bakir Pasaman yang telah menjabat sejak 2020.

Read More

Erick mengatakan beberapa tugas khusus yang diberikan ke Rahmad. Pertama, dia ingin Pupuk Indonesia melebarkan sayap usahanya ke bisnis petrokimia. Pupuk Indonesia didorong untuk memproduksi green amonia dan juga blue amonia yang bisa menjadi BBM.

“Industri pupuk sekarang juga melebar ke petrokimia. Sekarang ada namanya green ammonia, blue ammonia untuk BBM. Artinya ke depan pupuk ini bukan hanya pupuk, tapi menjadi petro company, yang di mana juga kita agak tertinggal dengan negara tetangga,” beber Erick ditemui di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat (4/8/2023).

Rahmad juga diminta Erick untuk menyelesaikan proyek pupuk di Fakfak. Menurutnya, pabrik pupuk di Fakfak dapat menjadi solusi ketimpangan harga pupuk bagi petani di kawasan timur.

“Saya juga minta menyelesaikan proyek Pupuk di Fakfak, karena kita ingin memastikan namanya distribusi itu merata antara Indonesia dan masyarakat kita, saudara kita yang di Indonesia Timur, yang selama ini dapatkan akses pupuk lebih mahal,” beber Erick.

Pabrik pupuk di Fakfak juga akan diarahkan untuk memproduksi metanol. Bahan kimia ini masih banyak diimpor untuk penggunaan dalam negeri.

“Plus juga turunannya kembali metanol dibutuhkan juga, kan kita masih ada impor metanol. Nah kalau kita bisa mengembangkan Pupuk di Fakfak itu untuk metanol, jadi positif juga,” papar Erick.

Di sisi lain, Erick mengaku sudah bicara empat mata dengan Rahmad Pribadi soal tugas barunya ini. Erick terkesan dengan kinerja Rahmad selama memimpin Pupuk Kaltim.

“Sebelumnya saya sudah bicara dengan pak Rahmad, dari hati ke hati, kesuksesan beliau ketika mendorong Pupuk Kaltim, sangat progresif dan hasilnya sangat positif di sisi keuangan, ya saya percayakan beliau untuk memimpin lebih besar,” ujar Erick.(*)

Follow dan Simak Berita Menarik Timur Media Lainnya di Google News >>

Related posts