Setelah Malahing, Pemkot Bontang Tahun Ini Bangun Pipanisasi ke Tihi-tihi dan Selangan

Pemukiman terapung Selangan Bontang

TIMUR. Setelah proyek pipanisasi air bersih ke Malahing di tahun anggaran 2022, Pemkot Bontang memastikan membangun pipanisasi air untuk dua pemukiman atas air lainnya, yakni Tihi-Tihi dan Selangan

Read More

Pembangunan pipanisasi air bersih tersebut akan berjalan tahun ini, dan Pemkot Bontang menggelontorkan anggaran kurang lebih Rp 6 Miliar. Pipa air akan mulai dipasang dari Kelurahan Bontang Lestari, dengan panjang sekitar 5 Kilometer menuju kedua lokasi tersebut.

Kabid Sanitasi, Air Minum dan Sumber Daya Air Dinas PUPRK Bontang Edi Suprapto mengatakan, diketahui sudah hampir dua puluh tahun pulau itu belum tersentuh sambungan air bersih.

Dengan kondisi kemampuan anggaran yang tersedia akhirnya Pemkot Bontang bisa memberikan fasilitas untuk 200 lebih rumah di dua pulau tersebut.

“Anggaran sekitar Rp 6 miliar. Jaraknya memang agak jauh beda dengan Pulau Malahing kemarin. Saat ini sudah ada lelang pengawasannya dengan pagu Rp 321 juta,” kata Edi Suprapto, Rabu (1/2/2023).

Durasi pengerjaan nantinya akan memakan waktu selama 6 bulan pasca proses lelang fisiknya rampung. Secara teknis kata Edi tidak jauh berbeda.

Pemkot hanya mengalirkan air satu rumah satu keran. Sedangkan saat masayrakat ingin menambah pipa maka harus merogok kocek pribadi.

“Keran hanya ada satu nanti disamping meteran. Kalau mereka mau sambung ke helakang rumah yah harus pakai biaya sendiri,” tandasnya.

Disinggung soal aliran air bersih di Pulau Gusung, pihaknya mengaku masih akan melakukan kajian mendalam. Apalagi, lokasi dari daratan hingga ke Pulau Gusung terbilang jauh dan membutuhkan anggaran besar.

“Satu-satu dulu kita selesaikan, dan untuk Pulau Gusung akan kita bahas lebih lanjut,” pungkasnya.(*)

Follow dan Simak Berita Menarik Timur Media Lainnya di Google News >>

Related posts