Tuntutan Diakomodasi, Pedagang Pasar Loktuan Mulai Tempati Lapak di Gedung Baru

Para pedagang mulai berjualan di Pasar Taman Citra Loktuan

TIMUR. Gedung bangunan Pasar Taman Citra Loktuan mulai dipenuhi pedagang, pada Selasa (2/8/2022) pagi. Aktivitas pemindahan itu dibarengi dengan dipenuhinya tuntutan pedagang. Misalnya tempat strategis penjualan ikan yang rencananya dipindah keluar.

Read More

Kemudian pengampar nantinya barter dan berjualan di dalam. Hanya saja, saat ini menunggu terlebih dahulu untuk penyiapan infrastruktur pendukung.

Ketua Umum Forum Pedagang Pasar Taman Citra Mas Loktuan Abdul Azis mengatakan, pemindahan sudah dilakukan para pedagang sejak Senin lalu.

“Sudah tadi aktivitas berjualan di pasar yang baru. Kompensasinya pemerintah memenuhi tuntutan pedagang dengan luas lapak dan tempat yang ideal,” kata Abdul Azis, Selasa (2/8/2022).

Lebih lanjut, untuk sementara waktu pedagang masih berjualan di dalam. Keluhan yang masih perlu cepat diatasi tepatnya tempat parkir dan akses masuk bongkar muat ikan.

“Meski sementara waktu kita tetap kawal tuntutan yang sudah disampaikan,” sambungnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala UPT Pasar Andi Penrenrengi membenarkan pemenuhan tuntutan bagi pedagang. Hal itu bertujuan agar semua bisa pindah dan tidak lagi berjualan di pasar yang lama.

Sembari menunggu, mereka akan mendapat luasan lapak di halaman belalang pasar sesuai dengan isi surat yang dimiliki. Proses nya juga bertahap. Hingga APBD Perubahan pemenuhan seperti kanopi dan meja bisa selesai. Baru infrastruktur lanjutan akan dipenuhi pada APBD Murni 2023.

“Alhamdulillah mereka bisa pindah semua setelah ada titik temu. Catatan pemenuhan tuntutan dipenuhi secara bertahap,” ucap Andi.

Selanjutnya, Diskop-UKMP hingga kemarin tidak mengeluarkan surat peringatan kepada pedagang. Karena menurut mereka pendekatan secara persuasif bisa dilakukan.

“Tidak sampai keluar suratnya. Pendekatan humanis saja,” pungkasnya.

Sebelumnya, sejumlah pedagang ikan menolak untuk pindah. Salah satu alasannya adalah luas lapak.(*)

Follow dan Simak Berita Menarik Timur Media Lainnya di Google News >>

Related posts