Ada 3 Kasus Positif Covid-19 Baru di Bontang, Total 20 Pasien dalam Perawatan RSUD

  • Whatsapp

TIMUR. Pemerintah Kota Bontang rilis 3 penambahan kasus positif Covid-19, dengan total 8 pasien terkonfirmasi positif dari seluruh kasus yang ada. Tambahan 3 pasien terbaru selanjutnya disebut kasus 06 BTG, 07 BTG, dan 08 BTG. Dua diantaranya (06 BTG dan 07) dari klaster Gowa, satunya (BTG 8) merupakan pasien terkonfirmasi positif dari perjalanan Jakarta. Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Neni Moerniaeni melalui video conference pada Kamis (24/4/2020) sore.

Read More

Dijelaskan Wali Kota Neni, dari seluruh pasien terkonfirmasi positif, satu diantaranya telah dinyatakan sembuh, dan 7 lainnya dalam isolasi dan perawatan di RSUD Taman Husada.

“Jadi total pasien yang masih terkonfirmasi positif Covid-19 ada 7 orang, dari total 20 pasien dalam perawatan di RSUD Taman Husada. Satu diantaranya dinyatakan sembuh (BTG 1),” ujar Walikota Neni.

Secara rinci, ada 20 pasien dalam perawatan di RSUD Taman Husada terdiri dari 7 konfirmasi positif Covid-19, 3 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang tengah menunggu hasil swab, 3 pasien berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP), serta 7 Orang Tanpa Gejala (OTG).

Sedangkan untuk kasus 05 BTG dari klaster Gowa yang terlebih dulu dinyatakan positif, telah melalui 2 kali uji swab dengan hasil masih terkonfirmasi positif.

“Sehingga masih diperlukan 2 kali pemeriksaan swab negatif untuk dinyatakan sembuh,” tambah Neni.

Hingga 23 April 2020, tim gugus Covid-19 Bontang telah melakukan swab terhadap 55 orang. Hasil swab yang telah didapatkan ada 29 orang, dan masih menunggu 26 hasil lainnya. Pemkot Bontang juga telah melakukan tracing terhadap 40 penumpang kapal egon, yang bersandar beberapa waktu lalu.

Penambahan OTG ada 11 orang, diantaranya 8 hasil tracing kontak kasus 06,07 dan 08 BTG dengan hasil rapid negatif dan tengah menjalani isolasi mandiri. Dua lainnya dari klaster Gowa tengah menjalani isolasi mandiri, dan 1 orang dengan rapid test positif tanpa riwayat perjalanan tengah dirawat di Rumah Sakit Swasta. Sementara untuk PDP ada 1 orang dan tengah dirawat di RSUD Taman Husada.

” Untuk itu warga yang datang ke Bontang wajib lapor ke Public Safety Center (PSC) dan akan mendapat penjelasan protokol kesehatan. Jika ada keluhan akan dipantau petugas,” pungkas Neni.(*)

Related posts