Area Parkir Jadi Pasar Sementara, Penempatan Pedagang Diatur UPT Pasar

  • Whatsapp
Meski terbakar, sejumlah pedagang tetap beraktivitas di Pasar Citra Mas Loktuan

TIMUR. Pasca kebakaran yang menghanguskan 481 lapak pedagang di Pasar Citra Mas Loktuan, Pemkot Bontang bergerak cepat menyiapkan lokasi pasar sementara bagi para pedagang.

Read More

Pasar sementara akan dibangun di area parkir pasar Citra Mas, dan penempatan pedagang sepenuhnya diatur oleh UPT Pasar.

“UPT Pasar akan menghimpun total pedagang yang terdampak kebakaran. Diutamakan pedagang sayur dan sembako, dan luasan pasar sementara akan dibagi rata dengan pedagang,” ujar Dandim 0908 Bontang Letkol Arh Choirul Huda, Kamis (11/2021).

Dirinya mengatakan keputusan tersebut sesuai koordinasi Pemkot Bontang dan Forkopimda, sebagai langkah cepat tindaklanjut pemulihan kondisi pasar pasca kebakaran.

“Targetnya dalam 1 atau 2 hari sudah bisa dilaksanakan,” tambah Dandim.

Pedagang tidak diperkenankan melakukan kavling lokasi, sebelum ada penentuan lapak oleh UPT Pasar melalui mekanisme pengundian. Guna menghindari potensi konflik, pihaknya pun memastikan untuk membantu UPT Pasar saat proses penentuan lokasi.

“Untuk jangka panjang, pemerintah mengupayakan percepatan relokasi pedagang ke gedung baru Pasar Taman Citra Mas, yang diharap terealisasi 1-2 bulan ke depan,” terang dia.

Lurah Loktuan M Takwin pun menargetkan penempatan pedagang di pasar sementara Citra Mas bisa dilakukan pekan ini, karena pedagang tidak mungkin dibiarkan menunggu lama untuk kembali berjualan.

“Kami sudah koordinasi dengan UPT pasar, agar lahan parkir bisa secepatnya ditempati untuk lokasi sementara,” kata Takwin. (*)

Related posts