BLT Tahap 2 Segera Disalurkan Pemkot Bontang, Penerima Capai 16 Ribu KK

  • Whatsapp
Kepala Dinsos-PM Bontang Abdu Safa Muha

TIMUR. Pemkot Bontang dalam waktu dekat segera menyalurkan program Bantuan Langsung Tunai (BLT)  periode 2 untuk bulan Mei 2020. Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos-PM) pun tengah verifikasi data penerima di bulan pertama. 

Read More

Kepala Dinsos-PM Bontang Abdu Safa Muha, menjelaskan tahap kedua bantuan tersebut masih dalam proses teknis pendataan. Rencananya penyaluran di tahap kedua ini mulai disalurkan setelah lebaran Idul Fitri.

“Untuk pembagian kedua, dilakukan akhir bulan Mei ini, diprediksikan mungkin ada tambahan 3 ribu,” ujar Safa Muha, Kamis (21/5).

Periode 2 pun ada tambahan jumlah penerima, hasil diskresi Wali Kota Bontang. Penerima merupakan warga penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang hanya menerima bantuan sembako. Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni memberi kebijakan khusus untuk menstimulan Rp300 ribu kepada mereka.

“Karena tambahan dari sebelumnya 12.896, sekarang saya lihat telah mencapai 15.989,” ungkapnya,

Jumlah ini pun diprediksi akan bertambah menjadi 16 ribu KK dari hasil usulan kelurahan dan kecamatan. Masih Abdu Safa menjelaskan, progres verifikasi data sejauh ini sudah mencapai diatas 80 persen.

Saat ini hanya menunggu verifikasi data Kelurahan, setelah itu data tersebut diusulkan ke bagian hukum dan selanjutnya diputuskan Wali Kota.

“Semalam sudah ada enam kelurahan yang rampung, jadi kalau dari 15 Kelurahan saat ini sudah 40 persen persiapan dan semoga hari ini sudah masuk semua,” tambah Safa Muha.

Tahap kedua ini juga evaluasi pembagian tahap pertama, dan diklaim pengelolaannya jauh lebih baik dari sebelumnya.

“Jika sebelumnya beberapa Kelurahan membagi sembako dengan uang tidak bersamaan, untuk pembagian kedua akan dibagi bersamaan,” pungkasnya.(*)

Related posts