Diharap Jadi Center of Interest bagi Umat Muslim, IIP BUMN Resmikan Masjid Nurul Huda Kota Palu

  • Whatsapp

TIMUR. Ikatan Istri Pimpinan (IIP) BUMN resmikan Masjid Nurul Huda di Dusun Kinta Baru, Kelurahan Pengawu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu, Sulawesi Tengah. Hal ini merupakan wujud kepedulian IIP BUMN terhadap korban bencana Palu, sekaligus implementasi dukungan terhadap program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) yang hadir di tengah masyarakat.

Read More

Peresmian ditandai pemotongan pita oleh Ketua Umum IIP BUMN Eri Imam Apriyanto Utomo, didampingi Deputi Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN Hambra Samal, Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Sulawesi Tengah Sitty Hasbia dan Wakil Walikota Palu Sigit Purnomo Said, disaksikan jajaran Forkopimda Kota Palu bersama Tetua Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Karang Taruna serta masyarakat sekitar pada 5 September 2019.

Arsitektur minimalis menghiasi bangunan Masjid Nurul Huda, dengan fasilitas luar dan dalam yang lengkap, diantaranya karpet, mimbar, perlengkapan salat, pengeras suara, pembatas shaf ikhwan dan akhwat, tempat parkir, hingga tempat wudhu yang tertata rapi.

Ketua Umum IIP BUMN Eri Imam Apriyanto Utomo tandatangani peresmian Masjid Nurul Huda Palu (Foto: Humas Pupuk Kaltim)

Ketua Tim Proyek Pembangunan Masjid IIP BUMN Ira Bakir Pasaman, mengatakan pembangunan kembali Masjid Nurul Huda ditarget selesai selama 6 bulan, dimulai awal Maret 2019, dengan sumber dana pembangunan dan fasilitas pendukung sepenuhnya hasil donasi anggota IIP BUMN.

“Alhamdulillah pembangunan masjid terlaksana dengan baik dan selesai sesuai schedule pada 28 Agustus 2019,” ujar Istri Direktur Utama Pupuk Kaltim itu.

Sementara Eri Imam Apriyanto Utomo, berharap Masjid Nurul Huda difungsikan sebagai tempat ibadah dalam arti luas, yang tak hanya dimanfaatkan untuk salat berjamaah dan mengaji, namun juga sarana Tarbiyatul Ummah, seperti pendidikan dan pembinaan umat secara umum, hingga tempat musyawarah bagi masyarakat.

Masjid Nurul Huda juga diharap menjadi Center of Interest atau pusat perhatian bagi umat muslim Palu, yang menjadi cahaya di kegelapan serta memberikan petunjuk bagi umat. “Seperti namanya Nurul Huda, yang berarti cahaya petunjuk,” ucap Eri.

Dirinya berpesan agar Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Nurul Huda dapat mengelola masjid dengan baik, agar masjid berjalan sesuai fungsi serta bermanfaat maksimal bagi masyarakat sekitar dan warga Palu pada umumnya.

“Bagi pengurus wilayah IIP BUMN Provinsi Sulawesi Tengah, agar selalu bekerjasama dengan DKM, untuk kegiatan sosial memakmurkan Masjid Nurul Huda. Ini bisa menjadi program kerja rutin setiap tahun,” imbau Eri.

Kekaguman akan bangunan Masjid Nurul Huda diungkapkan Wakil Wali Kota Palu Sigit Purnomo Said, yang sekaligus mengapresiasi peran IIP BUMN terhadap warganya.

Menurut dia, Masjid Nurul Huda merupakan masjid ketiga yang mendapat bantuan pembangunan di wilayah Kecamatan Tatanga, dengan hasil yang luar biasa. “Kalau diperhatikan, masjid ini seperti masjid yang ada di Jakarta, sangat cantik dan indah,” puji Sigit.

Pengurus dan Anggota IIP BUMN berpose di depan Masjid Nurul Huda Palu (Foto: Humas Pupuk Kaltim)

Dirinya mengimbau masyarakat untuk bersama memakmurkan masjid dengan merawat dan mengisi berbagai kegiatan keislaman secara rutin. Juga meminta pengurus masjid berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah, agar kepedulian IIP BUMN melalui pembangunan kembali Masjid Nurul Huda bermanfaat maksimal bagi masyarakat.

“Mari kita bersama menjaga masjid yang luar biasa ini. Jangan sampai masjid yang begitu indah ini tidak kita rawat dan kosong. Harus dimakmurkan,” tandas Sigit Purnomo Said. (*/vo/nav/ads)

Related posts