Fire Rescue Competition Pupuk Kaltim, 15 Tim Adu Sigap Tangani Kebakaran

  • Whatsapp

TIMUR – Rintik hujan tak menyurutkan semangat 15 tim perwakilan seluruh kompartemen Pupuk Kaltim, melewati halang rintang pengendalian bencana kebakaran hingga evakuasi korban dari ketinggian, pada Fire Rescue Competition antar kompartemen di Lapangan Parkir GOR PC VI Pupuk Kaltim. Minggu pagi, 27 Januari 2018.

Read More

Tiap tim terlihat kompak melewati seluruh tantangan, mulai persiapan Alat Pelindung Diri (APD), pemadaman api menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dan Fire Hose, hingga upaya penyelamatan korban dan evakuasi ke titik aman.

Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan Pupuk Kaltim, dalam peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional, sekaligus mensosialisasikan pentingnya upaya pencegahan serta penanggulangan bencana kebakaran bagi karyawan. Baik dalam hal evakuasi, maupun Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K) dari bencana yang sekira terjadi.

“Selain juga menjadi tolok ukur untuk menguji kesigapan serta keterampilan karyawan Pupuk Katim, dalam menanggulangi kebakaran dan evakuasi korban kebakaran,” ujar Ketua Pelaksana Gatot Handoko.

Salah satu tim Fire Rescue Competition Pupuk Kaltim gelar persiapan (Foto: Timur)

Melalui Fire Rescue Competition, seluruh karyawan Pupuk Kaltim diharap Gatot dapat meningkatkan kewaspadaan serta sinergi dalam menjaga aset perusahaan, dari kerugian akibat bencana kebakaran. Guna mendukung kelancaran operasional serta proses produksi, agar pencapaian kinerja perusahaan selalu aman terkendali.

“Terus utamakan keselamatan dalam bekerja. Baik diri sendiri, tim, maupun lingkungan sekitar,” imbau Gatot.

General Manager Umum Pupuk Kaltim Nur Sahid, pun menyebut kegiatan ini sebagai agenda positif yang patut dipertahankan, khususnya melatih kecakapan karyawan dan keluarga besar perusahaan untuk terus aktif mengantisipasi aspek fatality akibat bencana kebakaran.

Begitu pula dengan kesadaran K3 dalam diri karyawan Pupuk Kaltim, diharap Nur Sahid terus ditingkatkan. Mengingat bahaya kebakaran bisa terjadi kapan pun dan menimpa siapapun, sehingga butuh kesiapan maupun upaya pencegahan sejak dini.

Merujuk tema besar Bulan K3 Nasional 2019, peran seluruh karyawan Pupuk Kaltim juga didorong mampu mewujudkan semangat kemandirian masyarakat Indonesia berbudaya K3, untuk mendukung stabilitas ekonomi Nasional.

“Jika aset kita selamat dan beroperasi secara optimal, Pupuk Kaltim pun akan mampu memberi kontribusi maksimal kepada negara. Khususnya mendukung stabilitas ekonomi dan daya saing, melalui terwujudnya ketahanan pangan nasional,” papar Nur Sahid.

Seluruh tim yang terlibat pada Fire Rescue Competition tahun ini diantaranya Kompartemen Umum, Jasa Pelayanan Pabrik (JPP), Rendal dan Distribusi, Pemeliharaan, Adminkeu, Operasi 1, Teknologi, Inovasi dan Pengembangan, SPI, Teknik dan Sistem Informasi, Sekper, Pemasaran Non PSO, SDM, Operasi 2, dan Pengadaan.

Fire Rescue Competition Pupuk Kaltim (Foto: Timur)

Prev1 of 2

Related posts