Hari Pertama Posko Siaga di Tugu Selamat Datang, Puluhan Kendaraan Masuk Bontang Diperiksa Petugas

  • Whatsapp

TIMUR. Hari pertama pendirian pos pemeriksaan di pintu masuk Tugu Selamat Datang Bontang berjalan lancar. Sopir dan penumpang tiap kendaraan menuju Bontang diperiksa satu persatu oleh petugas meliputi suhu tubuh, riwayat perjalanan dan identitas pengendara.

Read More

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bontang, Kamilan mengatakan protokol pemeriksaan dilakukan sesuai kesepakatan rapat. Petugas gabungan dari TNI/Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dishub dan tenaga medis memeriksa satu demi satu pengendara.

Tujuanya agar pemerintah bisa mendeteksi diawal orang-orang yang berpotensi terjangkit COVID-19. Selain itu, melalui pemeriksaan ini pemerintah bisa memiliki sumber data akurat terkait jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19 di lapangan.

“Pemerikasaan ini dimulai pukul 08.00 sampai pukul 00.00, yang diharapakan pukul 00.00 tersebut lalu lintas tidak begitu padat,” ujar Kamilan Kepala Dinas Perhubungan Bontang, Rabu (8/4/2020).

Rencananya pemeriksaan ini akan dilakukan selama 1 bulan kedepan. Tergantung perkembangan situasi Covid-19 di Bontang.

“Semua pengendara motor dan mobil baik sopir dan penumpangnya diperiksa, baik itu warga bontang atau bukan, dan akan dilakukan pemeriksaan setiap hari,” ujar Kamilan.

Saat ini lanjut Kamilan, belum ada pembatasan kendaraan luar Bontang untuk masuk ke wilayah Bontang. Dari pantauan di lapangan, hingga pukul 12.30 Wita petugas dengan sigap terus memeriksa tiap kendaraan masuk ke Bontang.

Petugas mengenakan masker dan membawa alat cek suhu mendeteksi semua pengendara ataupun penumpang. Antrian kendaraan roda empat terlihat berderet. Ada sekitar 7-8 kendaraan diperiksa oleh petugas satu demi satu.

“Yang jelaskan kami meminimalisir bagaimana Covid-19 tidak terulang lagi di Bontang, sehingga pemeriksaan dilakukan,” ungkapnya. (ram)

Related posts