Ini Ketetapan Kadar Zakat Fitrah di Bontang

  • Whatsapp

TIMUR. Kementerian Agama (Kemenag) Bontang, Kalimantan Timur sudah menetapkan kadar zakat fitrah atau nishab fitrah dan zakat maal tahun 2019. Besarannya, mulai dari Rp 25 ribu, Rp 30 ribu, dan Rp 40 ribu diambil dari 2,5 persen harga beras di pasaran.

Read More

Penetapan kadar zakat tertuang di dalam Keputusan Kepala Kantor Kementerian Agama atau Kemenag Kota Bontang Nomor 71/2019. Isinya tentang Penetapan Kadar Zakat Fitrah, Zakat harta atau Maal dan pembayaran Fidyah untuk Kota Bontang dan sekitarnya.

Kadar zakat fitrah menyesuaikan harga beras di pasaran Kota Bontang. Dari hasil survei yang digelar sebelum Ramadan diketahui harga beras paling rendah Rp 9.850. Sementara harga menengah Rp 11.000 dan harga tertinggi Rp 14 ribu. Rumusan harga beras dikalikan 2,5 kg. Maka hasilnya untuk beras harga rendah Rp 25 ribu, sedang Rp 30 ribu dan tinggi Rp 40 ribu

“Ada kenaikan dari sebelumnya, sementara kewajiban mengeluarkan zakat fltrah bagi setiap muslim sebesar 1 sha atau setara dengan 2,5 kg beras atau dapat diganti dengan uang,” jelas Penyelenggara Syariah Kemenag Bontang, Yarkani.

Sementara itu untuk zakat maal atau harta, bagi muzakki yang memiliki harta senilai 85 gram emas. Dengan perbandingan harga emas Rp 662 ribu/ gram dikenakan zakat harta 2,5 persen dari nilai harta mereka.

Artinya, para muzzaki yang memiliki harta senilai Rp 56,2 juta diwajibkan membayar zakat sebesar Rp 1,4 juta. “Kalau bangunan dan kendaraan pribadi hanya sekali saja membayar zakat maal nya,” tambah Yarkani.

Sedangkan fldiah, maka kewajiban yang harus dibayar untuk perharinya yaitu seharga satu porsi makanan kebiasaan sehari-hari indivindu yang bersangkutan. Mereka yang bisa membayar fidyah diantaranya, orang sakit yang tak diharapkan kesembuhannya, para lansia, ibu hamil dan ibu menyusui yang dikhawatirkan menggangu kesehatan dan keselamatan bayi

“Bagi muzakki yang mamiliki rumah kontrakan atau mobil yang direntalkan atau travel itu juga harus mengeluarkan, sementara untuk fidiah dapat diuangkan antara Rp 10 ribu samapai dengan Rp 15 ribu,” pungkasnya. (*)

Related posts