Mantab, Kukar Kini Punya Alat Swab Test Sendiri

  • Whatsapp
RSUD AM Parikesit Kutai Kartanegara

TIMUR. Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar), kini miliki alat uji swab yakni Tes Cepat Molekuler (TCM), ditempatkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) AM Parikesit Tenggarong Seberang.

Read More

Melalui pengadaan alat ini, akan mempercepat hasil diagnosis warga, sekaligus memastikan seseorang terkonfirmasi positif Covid-19 atau sebaliknya. Sebab selama ini untuk mengetahui sampel cukup lama, karena harus dibawa ke Litbangkes Surabaya atau Laboratorium RSUD AW Sjahrani Samarinda.

“Semoga dengan keberadaan alat ini, bisa segera swab dan diketahui hasilnya. Sehingga tidak terjadi lagi kasus pasien meninggal tapi belum ada kepastian (status terkonfirmasi),” kata Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah, usai meninjau alat TCM di RSUD AM Parikesit, Rabu (10/6/2020).

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur RSUD AM Parikesit, dr. Martina Yulianti, mengatakan alat uji swab ini bisa memeriksa 2 sampel dalams satu jam. Berbeda dengan alat uji swab PCR, yang bisa menguji lebih banyak sampel dalam satu jam.

“Nanti bisa dijalankan selama 18 jam dengan 3 shift, karena kita juga menunggu alat yang lebih besar dan sedang dipesan di luar negeri,” kata Martina.

Ditambahkannya, pengadaan ini sudah lama dilakukan Pemkab Kukar, namun terkendala ekspedisi. Begitu juga alat swab PCR yang juga tengah dalam pengiriman, diharap bisa segera tiba 2 minggu kedepan.

“Makanya untuk mengisi kekosongan, pemerintah memesan alat TCM terlebih dulu,” tambah Martina. (*)

Related posts