Masuk ke Pemukiman Warga Guntung, Buaya Ukuran 3 Meter Dievakuasi BKSDA Kaltim

BKSDA mengevakuasi buaya betina berukuran 3 meter yang masuk ke permukiman Guntung, Bontang Utara./ Ist- Klik Kaltim.

TIMUR. Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim berhasil menangkap satu ekor buaya berukuran 3 meter di Kelurahan Guntung Bontang Utara, Senin (21/8/2023) malam.

Read More

Hal itu dibenarkan Kepala Seksi Wilayah Dua Tenggarong BKSDA Kaltim Suriawati Halim, saat dikonfirmasi Klik Kaltim (Timur Media Grup), Rabu (23/8/2023).

Dikatakannya, satu ekor buaya berukuran tiga meter berhasil diamankan dan akan direlokasi ke penangkaran di Balikpapan.

Proses evakuasi terbilang sulit, karena ukuran buaya yang cukup besar. Keberadaanya diketahui saat timbul di samping kapal warga.

“Iya ada satu buaya betina, ukuran 3 meter. Didapat saat patroli malam petugas BKSDA, saat buaya itu masuk ke permukiman,” terang Suriawati Halim.

Menurut dia tim BKSDA Kaltim bergerak berdasarkan surat tugas, bertujuan merelokasi binatang buas yang berpotensi menimbulkan konflik dengan manusia.

Sejak Rabu (16/8/2023) lalu tim BKSDA melakukan penyisiran. Baik di sekitar pemukikan RT 02 Kelurahan Guntung hingga wilayah muara.

Selanjutnya tim BKSDA akan kembali bergerak sesuai dengan laporan warga setempat. Saat menerima laporan dan tim akan kembali terjun ke lokasi.

“Seminggu kita menyisir mempelajari pola habitat buaya di situ. Jadi tidak menyasar buaya yang di muara, ini yang hanya masuk ke pemukiman,” tambah Suriawati.

Lurah Guntung Denny Febrian, menyampaikan apresiasi kepada BKSDA yang langsung merespon aduan warga.

Berdasarkan hasil rembuk warga pasca ada insiden penyerangan buaya beberapa waktu lalu, disepakati buaya yang masuk ke permukiman harus direlokasi.

“Ini respons positif bagi kami. Warga memang khawatir kejadian akan kembali terulang, jadi memang dievakuasi saja kalau yang masuk,” kata Denny.(*)

Follow dan Simak Berita Menarik Timur Media Lainnya di Google News >>

Related posts