Mulai Kepala Sekolah Teladan Hingga O2SN

  • Whatsapp

TIMUR – SDN 003 Bontang Utara memiliki berbagai raihan prestasi yang membanggakan. Mulai dari tingkat kota, hingga mewakili kota di ajang Provinsi Kalimantan Timur. Semua tak lepas dari peran guru membimbing dan memberi motivasi siswanya.

Beberapa prestasi tingkat kota periode tahun ajaran 2017-2018 yang berhasil diraih murid-murid SDN 003 diantaranya juara 1 bulutangkis kategori tunggal putra, juara 2 lomba pantomim, juara 2 lomba tari-tarian daerah, juara 3 lomba menggambar, juara 3 lomba menyanyi dan juara 3 O2SN.

Terbaru, sekolah dengan luas lahan 6 Ribu meter persegi ini juga berhasil mendapatkan sebanyak 6 piagam saat ajang Tapal Batas bidang pramuka.

“Selain 6 piagam kepramukaan, siswa kami juga mewakili Bontang pada cabor badminton kategori tunggal putra, lomba O2SN tingkat Provinsi Kaltim,” kata Edy Dwiharsana, Kepala SDN 003 Bontang Utara.

Dikategori putri, dikarenakan hanya mendapat predikat juara dua tingkat kota maka tidak lanjut ke tingkat Provinsi. Sementara Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Provinsi, perwakilan SDN 003 juga ikut bertanding.

Ia menjelaskan, sekolah senantiasa mendukung kemampuan siswa misalnya melalui bimbingan langsung oleh wali kelasnya. Di bidang ekstra kurikuler, siswa diperbolehkan mengikuti club di luar maupun pembinaan dari sekolah.
Math club atau sains club misalnya, berguna sebagai media mengasah kemampuan kedua bidang mata pelajaran ini.

Melalui hal ini, murid-murid mendapat tambahan pengetahuan bahkan sering mengikuti perlombaan mata pelajaran Matematika, IPA dan Bahasa Indonesia. Ketertarikan anak-anak dibeberapa bidang pengetahuan, olahraga dan seni sangat baik.

“Guru-guru di sekolah lah yang berperan penting memberi motivasi. Kalau kita kurang memotivasi, maka semangat murid meraih prestasi pun menurun,” tambahnya.

Saat ini, SDN 003 Bontang Utara sedang membangun ruang perkantoran bagi guru dan perpustakaan. Ruangan sebagai tempat penyusunan berbagai macam buku-buku dibangun lebih baik agar para siswa dapat menikmati fasilitas tersebut dengan maksimal.

Kepala Disdikbud Bontang, Akhmad Suharto berharap semua sekolah di Bontang mampu memberi pembinaan di semua bidang seni dan olahraga diluar jam belajar siswa.

Prestasi siswa non akademis atau kemampuan yang identik dengan kecerdasan otak kanan dalam mengandalkan fisik, rasa, kreatifitas, dan imajinasi ini harus terus didukung. Sekolah berperan memberikan pembinaan terbaik bagi siswa.

“Pembinaan dan pendampingan dari guru-guru di sekolah diharapkan mampu mengasah keterampilan siswa,” ujarnya.

Mereka yang memiliki kemauan kuat, motivasi berprestasi, semangat juang dan kemampuan atau bakat menjadi orang pilihan yang dapat diandalkan dalam berbagai kompetisi.(*)

Related posts