Pelabuhan Loktuan Direncanakan Beroperasi Awal Agustus 2020

  • Whatsapp
Keberangkatan kapal dari Pelabuhan Loktuan Bontang

TIMUR. Pemkot Bontang berencana membuka kembali layanan Pelabuhan Loktuan dalam waktu dekat, yang ditutup sejak Maret lalu.

Read More

Jadwalnya awal Agustus Pelabuhan Loktuan sudah kembali beroperasi melayani penumpang dari dan ke Pare-Pare Sulawesi Selatan, serta Surabaya.

Diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan Bontang Kamilan, pihaknya telah mengusulkan pembukaan kembali Pelabuhan Loktuan. Hal ini menyusul kebijakan Kementerian Perhubungan, terkait dibukanya kembali akses transportasi laut pada Mei lalu.

“Ini sudah new normal, kita sudah usulkan sejak lama agar dibuka,” kata Kamilan, Kamis (16/7/2020).

Meski belum final, pihaknya tambah Kamilan sudah menyiapkan protokol kesehatan, dengan mewajibkan rapid test bagi seluruh penumpang sebelum naik kapal.

Begitu pula dengan yang tiba, penumpang juga akan melalui protokol kesehatan, seperti disemprot disinfektan. Serta di pintu masuk pelabuhan, pun dijaga puluhan petugas.

Penumpang yang tiba juga akan didata mulai dari riwayat perjalanan hingga tujuan ke Bontang.

“Kita terapkan protokol kesehatan tiap penumpang,” tambah Kamilan.

Rencana pembukaan kembali pelabuhan ini mendapat tanggapan beragam Anggota DPRD Bontang. Salah satunya anggota Fraksi Golkar Nasdem, Faisal.

Dia meminta pemerintah pikir-pikir dulu, karena khawatir dengan kondisi warga di sekitar pelabuhan. “Kita minta pemerintah telaah lagi, karena bisa membahayakan warga sekitar pelabuhan,” ujar Faisal beberapa waktu lalu di sidang paripurna DPRD.(*)

Related posts