TIMUR. Animo warga Bontang membantu korban banjir bandang di Masamba cukup tinggi. Semua elemen masyarakat turut serta dalam aksi kemanusiaan ini. Tak terkecuali orang nomor satu di Bontang.

Wali Kota Bontang, Neni Moerniaeni ikut serta bersama relawan mengumpulkan dana di jalanan, persimpangan 4 Bontang Baru, Kamis (16/07/2020).

Di jalanan, Neni membawa kotak galang dana berkeliling. Menyambangi kendaraan satu demi satu. Beberapa pengendara memberi uang ke dalam kotak.

Kepada wartawan, Neni mengaku terpanggil dengan aksi peduli korban banjir bandang di Masamba, Luwu Utara.

Dia sengaja turun ke lapangan, membantu relawan kumpulkan dana untuk para korban.
Dari kantong pribadinya, Neni memberi bantuan Rp 5 juta. Rencananya akan dititipkan ke komunitas untuk diberikan kepada para korban.

Pemerintah juga telah berkomitmen akan mengucurkan bantuan kepada korban Masamba. Hanya saja, harus melalui mekanisme penganggaran. Rencananya setelah penetapan APBD-Perubahan 2020 uangnya bisa disalurkan.

Belanja pemerintahan harus sesuai dengan perencanaan. Musibah di Masamba, tak masuk dalam daftar rencana pemerintah. Maka dibutuhkan pembahasan lagi melalui APBD-Perubahan agar bisa dimasukan rencanan belanja untuk bantuan ke Masamba.

“Semoga saja APBD-P bisa lebih cepat supaya kita bisa cepat juga menyalurkan bantuannya,” harapnya.

Untuk diketahui, aksi galang dana tersebut dilakukan selama tiga hari berturut turut. Aksi itu melibatkan Kerukunan Keluarga Luwu Raya (KKLR) Bontang, Forum Jurnalis Bontang (FJB) PWI Bontang, Komunitas Berbagi Saja (Kombes), Organisasi Bontang Berbagi (OBB), serta sejumlah komunitas.

Adapun jumlah dana yang terkumpul sebesar Rp48.544.900. Dengan rincian hari pertama Rp8.250.100, hari kedua Rp6.140.400 dan hari ketiga Rp 8.524.400. Ditambah donasi lbgsung dari berbagai pihak mencapai Rp25,6 juta.

Selain berbentuk uang, terdapat pula bantuan berupa pakaian layak pakai sebanyak lima karung.

“Dana ini terkumpul dari hasil turun ke jalan. Itu Belum termasuk donasi yang disalurkan via rekening. Ada juga dari HMI, dan organisasi kepemudaan lainnya yang akan menyerahkan bantuan hasil galang dana mereka ke kami,” ucap Koordinator kegiatan, Awin Jamain. (*)