PSM Makassar Borong Penghargaan Individu Piala Indonesia 2019

  • Whatsapp

TIMUR. PSM Makassar sukses mengunci gelar Piala Indonesia 2019. tidak hanya meraih gelar, para pemain PSM juga memborong penghargaan individu di ajang ini.

Read More

Dalam laga leg kedua babak final yang dihelat di Stadion Andi Mattalatta, Selasa (6/8/2019) sore WIB, PSM mampu menundukkan lawannya, Persija Jakarta, dengan skor 2-0. Dua lesakan dari Aaron Evans dan Zulham Zamrun jadi gol-gol kemenangan PSM di laga ini.

Berkat kemenangan ini, PSM sukses membalikkan kedudukan agregat atas Persija. Setelah tertinggal 0-1 di leg pertama, mereka mampu berbalik menang 2-1. Alhasil, trofi Piala Indonesia pun mendarat di tanah Makassar, seiring dengan hak tampil di ajang Piala AFC musim depan.

Bukan cuma meraih trofi dan juga slot manggung di Piala AFC, kebahagiaan PSM ini semakin bertambah setelah para pemainnya menyabet penghargaan individu di ajang Piala Indonesia. Ada tiga penghargaan yang diperebutkan, yakni pemain muda terbaik, pencetak gol terbanyak, serta pemain terbaik.

Asnawi Mangkualam Bahar sukses menyabet penghargaan pemain muda terbaik. Performa dari penggawa Timnas U-23 Indonesia ini memang terbilang stabil selama turnamen. Berposisi sebagai full-back bek kanan, ia mampu membantu pertahanan dan penyerangan sama baiknya.

Puncak dari penampilan Asnawi bisa dilihat di leg kedua babak final Piala Indonesia. Pergerakan-pergerakan yang ia lakukan, terutama ketika membantu serangan, acap merepotkan bek sayap kiri Persija, Rezaldi Hehanusa. Kemampuan dribel dan kecepatannya jadi senjata Asnawi mengoyak sisi kiri Persija.

Beranjak ke titel topskorer, penghargaan ini diraih oleh Zulham Zamrun. Namun, untuk penghargaan ini, Zulham tidak meraihnya sendirian.

Tercatat, Zulham meraih penghargaan pencetak gol terbanyak ini bersama penyerang Persebaya, Amido Balde yang sama-sama mencetak 10 gol.

Selain meraih penghargaan pencetak gol terbanyak, Zulham juga dikalungi titel pemain terbaik. Cukup logis, mengingat selain banyak menolong PSM dengan golnya, ia juga mampu mengangkat performa ‘Juku Eja’ sepanjang turnamen.

Di laga final saja, ia mampu menjaga ritme serangan PSM meski Guy Junior ditarik keluar. Selain lewat dribel dan tendangannya, penempatan posisi Zulham pun jadi senjata yang ia pakai untuk menembus pertahanan Persija. Skema gol kedua PSM jadi buktinya.

Tiga gelar yang didapat PSM ini kian mempermanis trofi Piala Indonesia yang mereka raih. Berikut daftar lengkap peraih penghargaan di Piala Indonesia 2018 plus raihan uang yang mereka dapat.

Pemain Terbaik: Zulham Zamrun (PSM Makassar) – 75 juta rupiah
Pemain Muda Terbaik: Asnawi Mangkualam Bahar (PSM Makassar) – 75 juta rupiah
Pencetak Gol Terbanyak: Zulham Zamrun (PSM Makassar) dan Amido Balde (Persebaya) – 75 juta rupiah
Tim Fair Play: Madura United – 500 juta rupiah
Peringkat Ketiga: Madura United dan Borneo FC – 500 juta rupiah
Runner-up: Persija Jakarta – 2 miliar rupiah
Juara: PSM Makassar – 3 miliar rupiah

Related posts