Pupuk Kaltim Fasilitasi Promosi Produk Mitra Binaan di Bontang Food Festival 2019

  • Whatsapp

TIMUR. Optimalkan pembinaan dalam mendorong perkembangan usaha mitra binaan, Pupuk Kaltim fasilitasi promosi produk 11 mitra binaan yang bergerak di bidang kuliner dan makanan kering olahan, pada ajang Bontang Food Festival 2019 yang berlangsung di Halaman Makodim 0908 Bontang, pada 30 November hingga 2 Desember 2019.

Read More

Beberapa produk Mitra binaan Pupuk Kaltim yang ditampilkan diantaranya teh bawang dayak dan teh daun tin dari Zahra Florist, pempek rumput laut dan coklat rumput laut dari UKM Kenanga, berbagai jenis amplang dan kripik olahan Gus Faqih, amplang bandeng LKP BBEC, takoyaki dan gammi dari Login Food, serta aneka kue kering dari Usaha Etam.

Kemudian keripik tempe, kripik pisang dan kue kering dari Mawardah, produk olahan hasil laut warga Malahing, keripik Tondo Roso dengan berbagai varian, serta amplang Barokah Pak Suratmin yang terdiri dari amplang bandeng dan amplang batubara.

“Jadi total ada 11 mitra yang ikut, dengan 10 stand yang disiapkan,” ujar Staf CSR Pupuk Kaltim Irma Safni, saat diminta keterangannya, Minggu (1/12/2019) sore.

Dikatakannya, keikutsertaan mitra binaan Pupuk Kaltim pada Bontang Food Festival sebagai wujud pembinaan Pupuk Kaltim dalam bentuk hibah pemasaran melalui expo atau pameran. Hal ini rutin dilaksanakan Pupuk Kaltim melalui Departemen CSR, dengan mengikutsertakan berbagai mitra binaan dari segala sektor usaha secara bergantian, pada pameran berskala lokal hingga Nasional. Tujuannya, agar usaha mitra binaan semakin dikenal dan mampu memperluas promosi produk serta berdampak pada peningkatan omset penjualan.

“Jadi setiap ada agenda besar yang bisa dijadikan sarana promosi, kami akan ikut sertakan (mitra binaan) untuk lebih mengenalkan usahanya ke masyarakat,” tambah Irma.

Dirinya pun berharap dengan keikutsertaan pada berbagai pameran maupun festival kuliner, mitra binaan Pupuk Kaltim mampu menambah jaringan penjualan produk, dan hasilnya pun mampu mendorong peningkatan perekonomian mitra binaan dengan usaha yang lebih mandiri.

“Dengan membantu promosi secara berkesinambungan, kami yakin peningkatan usaha mitra binaan bisa lebih menjanjikan dengan pangsa pasar yang semakin luas,” tutur Irma.

Mitra Binaan Pupuk Kaltim pamerkan sejumlah produk di Bontang Food Festival 2019 (Foto: Humas Pupuk Kaltim)

Mewakili mitra binaan Pupuk Kaltim, Rodliyah dari usaha makanan kering dan pusat oleh-oleh Gus Faqih, mengucapkan terima kasih telah difasilitasi perusahaan untuk mempromosikan produknya pada Bontang Food Festival 2019. Menurut dia, kegiatan seperti ini sangat membantu mitra binaan mengenalkan usaha agar lebih dikenal masyarakat, utamanya sektor penjualan yang juga meningkat.

“Kami sering diikutkan pameran maupun festival seperti ini, dan kami bisa dapat langganan baru serta usaha makin dikenal,” ucap Rodliyah.

Diakui Rodliyah, sejak menjadi mitra binaan Pupuk Kaltim pada 2012 lalu, perkembangan usaha yang dia jalani jauh lebih siginifikan, karena Pupuk Kaltim tak hanya memberikan bantuan berupa permodalan. Namun juga pengembangan kapasitas pelaku usaha melalui berbagai pendampingan seperti pelatihan manajemen pemasaran dan keuangan, hingga proses produksi yang lebih higienis.

“Tiap tahun pasti ada pelatihan dari Pupuk Kaltim, terakhir kami dibekali pengetahuan dan strategi pemasaran produk secara online dan offline. Hal itu jelas sangat membantu dan dirasakan manfaatnya oleh teman-teman mitra binaan lain,” tandasnya.

Dirinya berharap pembinaan maupun pendampingan terus diberikan Pupuk Kaltim, utamanya pengembangan kapasitas SDM agar mampu mengembangkan usaha dengan lebih baik. “Karena biasanya kita terkendala di manajerial usaha, dan kami harap ini bisa terus dibekali, utamanya bagi mitra binaan baru,” pungkas Rodliyah. (ikr/ads)

Related posts