Relakan Kaki Diamputasi, Mantan Personel Satpol PP Bontang Ini Berjuang Melawan Diabetes

  • Whatsapp
Sirajuddin kini hanya bisa menggantungkan hidup dari kepedulian masyarakat. (Foto: Facebook Suratmi Btg)

TIMUR. Sirajuddin, mantan personil Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bontang ini, kini harus menjalani usia senja dengan kondisi memprihatinkan. Badan yang tak lagi kekar dan sikap tegas yang dulu melekat, kini pun tak nampak.

Read More

Tubuhnya kini kurus kering, bahkan sejak 6 bulan lalu ia tak lagi bisa berjalan normal. Penyakit diabetes yang diderita kakek 80 tahun ini membuatnya harus mengikhlaskan kaki kanannya diamputasi. Dan ia pun kini hanya terbaring di tempat tidur.

Sirajuddin, kini hidup seorang diri. Istrinya telah tiada, sementara ia tak memiliki buah hati.

“Saya mulai sakit sejak 2018, tidak disangka awalnya sehat aja, tiba-tiba bengkak terus dioperasi. Ya begini jadinya sekarang,” ujar Sirajuddin, kepada wartawan di kediamannya RT 16 Kelurahan Tanjung Laut, Bontang Selatan, Senin (1/6/2020).

Sirajuddin bekerja sebagai personil Satpol PP Bontang selama 16 tahun, mulai tahun 2000 hingga 2016. Sepatu, topi, dan seragamnya masih tersimpan rapi meski nampak penuh debu.

“Dulu aku jaga di pos rumah pejabat, mulai dari Wali Kota, Wakil Wali Kota dan Sekda,” tambahnya.

Selama ini Sirajuddin hanya menggantungkan hidup kepada saudara yang tinggal tak jauh dari rumahnya, atau dari uluran tangan tetangga. Hingga beberapa hari terakhir, tim pendamping LK3 Bontang juga datang rutin mengantarkan makanan dua kali sehari, serta bantuan kursi roda.

“Doanya semoga sehat-sehat, mudah-mudahan berhasil semua yang sudah menyumbang dan bantu saya,” ucap Sirajuddin lirih.

Kasi Rehabilitasi Penyandang Disabilitas Dissos-PM Bontang sekaligus Ketua Yayasan Pandu Qolbi Suratmi, mengatakan biaya makan dan kursi roda didapatkan dari donasi masyarakat Bontang. Sebab Sirajuddin tak masuk dalam program keluarga miskin, ataupun program keluarga harapan dari Pemerintah pusat.

“Ini coba kita cek, mau diusulkan biar dapat bantuan,” tutur Suratmi.

Bagi masyarakat Bontang yang ingin menyalurkan donasi untuk kesembuhan Sirajuddin, dapat melalui Rekening Peduli Yayasan Pandu Qolbi, di nomor rekening 0805722727 (BNI Cabang Bontang), dan untuk konfirmasi bisa menghubungi nomor seluler 0852-5068-0331 (a.n Suratmi). (*)

Related posts