Resmi Dikukuhkan, Merawat Kebersamaan Jadi Spirit Baru Pengurus FJB 2022-2024

Pengukuhan pengurus Forum Jurnalis Bontang (FJB) periode 2022 - 2024

TIMUR. Pengurus Forum Jurnalis Kota Bontang (FJB) periode 2022 – 2024 resmi dikukuhkan, Minggu (12/3/2023). Prosesi pengukuhan digelar di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kecamatan Bontang Barat.

Read More

Ketua FJB Herdi Jaffar menyampaikan, sebagai organisasi yang mewadahi para jurnalis, FJB semakin tumbuh dan berperan aktif dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) para wartawan di Kota Taman. Selain itu, organisasi yang saat ini usianya telah menginjak tahun keenam ini juga berperan mengawasi kerja-kerja etik para jurnalis.

Diakuinya, dalam menjalankan roda organisasi, akan banyak dinamika yang muncul. Sebab para anggotanya memiliki latar belakang dan kepribadian yang berbeda-beda. Namun dengan spirit “Merawat Kebersamaan”, Herdi yakin seluruh anggota FJB bakal lebih maju dan solid di bawah kepemimpinannya.

“Terima kasih telah mempercayakan saya sebagai ketua. Saya sadari tidak akan mudah memimpin FJB ini. Namun harapan saya kepada pengurus baru, semoga kita semua dapat bersama bahu-membahu menjadikan organisasi ini semakin baik ke depannya,” harapnya.

Kepada para narasumber, mitra, dan relasi FJB, Herdi juga berpesan, agar tak segan untuk memberikan kritik dan saran demi kebaikan kerja-kerja jurnalistik dan kemajuan roda organisasi.

“Terima kasih kepada panitia dan para sponsor yang telah bekerja keras dan membantu acara ini sehingga bisa terlaksana. Mohon maaf bila terdapat kesalahan dan kekurangan,” ungkap pria yang juga pemimpin redaksi (pemred) klikkaltim.com (Timur Media Grup) tersebut.

Pengukuhan pengurus Forum Jurnalis Bontang (FJB) periode 2022 – 2024

Mewakili Pemkot Bontang, Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bontang, Iskandar mengucapkan selamat kepada ketua terpilih, dan jajaran pengurus baru FJB yang baru saja dikukuhkan. Kata dia, FJB telah menjadi bagian penting dalam memberikan informasi yang akurat dan berimbang kepada masyarakat Bontang.

Profesi Jurnalis, sambung Iskandar, memainkan peran penting dalam mengabarkan isu-isu penting. Dengan adanya sinergi yang baik dengan pemkot, diharapkan dapat menciptakan era keterbukaan, transparansi, akuntabilitas, dan tata kelola yang baik sebagai cerminan masyarakat berdemokrasi. Selain itu, peran FJB diharapkan juga dapat mendukung penyajian liputan para jurnalis yang berkualitas dan berimbang, guna mendukung terwujudnya Bontang yang semakin Hebat dan Beradab.

“Saya berharap pengurus baru FJB bisa terus mempertahankan standar etika jurnalistik yang tinggi dan mempromosikan jurnalisme yang bertanggung jawab dan bersinergi,” pesan Iskandar.

Pengukuhan pengurus FJB ditandai dengan penandatanganan Surat Keputusan (SK) oleh Herdi Jaffar, dan dilanjutkan foto bersama dengan seluruh tamu undangan. Turut hadir dalam pengukuhan kali ini Kasi Humas Polres Bontang Iptu Mandiyono, Camat Bontang Barat Anwar Sadat, dan perwakilan PT Kaltim Industrial Estate (KIE), Abdul Karim.

“FJB Ini menjadi wadah teman-teman jurnalis. Baik itu di bidang pendampingan hingga pengembangan SDM para jurnalis,” kata Herdi yang juga sebagai Pimpinan Redaksi KlikKaltim.

Lebih lanjut, peran dan fungsi FJB juga ikut melakukan kontrol terhadap kerja anggotanya agar selalu berpedoman kepada kode etik saat bertugas. Yakni dengan menyajikan berita-berita fakta. Keberimbangan dalam penulisan berita setiap media juga harus dikedepankan.

“Bukan sekedar Inilah fungsi kontrol kita sebagai jurnalis menyampaikan berita faktual dengan sesuai fakta,” tuturnya.

Di dalam agenda pengukuhan ini, Wali Kota Bontang Basri Rase yang diwakili oleh Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Iskandar mengucapkan selamat atas dikukuhkannyanoengurus FJB yang baru.

Diharapkan para jurnalis di Bontang bisa menyajioan berita-berita yang bermanfaat bagi masyarakat. Kemudian juga mampu berkolaborasi atau bekerja sama dengan Pemkot Bontang.

“Selamat dan semoga sukses. Terus jadi pilar demokrasi yang menjunjung tinggi kode etik jurnalistik,” tutur Iskandar.

Struktur Pengurus FJB 2022-2024

Ketua Umum: Herdi Jafar
Wakil Ketua I: Aji Sapta Dian Abdi
Wakil Ketua II: Ismail Usman
Sekretaris: Rahma Talita
Bendahara: Fanny

Bidang Organisasi
Ketua : Muhammad Ridwan
Sekretaris : Rifqi
Anggota : Lutfi

Bidang Advokasi
Ketua : Kusnadi
Sekretaris : Hilal
Anggota : Ikwal

Bidang Keanggotaan dan Pendidikan
Ketua : Fitri Wahyuningsih
Sekretaris : Yahya
Anggota : Edwin, Arsyad

Bidang Olahraga dan Seni
Ketua : Romy Ali
Sekretaris : Fajri
Anggota : Ariston, Mawan

Bidang Keagamaan dan Sosial
Ketua : Bambang
Sekretaris : Yayuk
Anggota : Sari, Sena, Herman

Bidang Informasi dan Publikasi
Ketua : Asep
Sekretaris : Nasrul
Anggota : Bunger

Kepala Sekretariat
Ketua : Royen
Anggota : Syafril

Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO)
Ketua : Saparta,
Anggota : Yudi, Yuli

Majelis Etik
Ketua : Wandi
Anggota : Kartika Anwar

Dewan Pembina
Ketua : Udin Dohang
Anggota : Amir Jaya, Teguh, Cholisoh, Taqbir Ali

Follow dan Simak Berita Menarik Timur Media Lainnya di Google News >>

Related posts