Segera Hadir, Masjid Terapung di Selambai Bontang

  • Whatsapp

TIMUR. Pembangunan masjid terapung di Kampung Selambai, Keluarahan Loktuan Bontang Utara, akhirnya dimulai. Pemancangan perdana dilakukan Jumat (30/8/2019) lalu.

Read More

Kepala Bidang Tata Ruang, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Bontang Edi Suprapto, menjelaskan sekitar 1.300 tiang pancang telah tiba di Bontang. Dan pemancangan perdana pun telah dilakukan.

“Jumat (30/8) sudah mulai pemancangan,” ujarnya.

Dia katakan sebenarnya ini sedikit molor dari waktu yang di tentukan di awal. Lantaran terjadi sedikit masalah dalam proses pengiriman material, dari pulau Jawa ke Kalimantan (Bontang).

“Yang bikin lama itu proses pelansirannya (tiang pancang),” terangnya.

Kendati pemancangan perdana sedikit molor dari rencana awal. Namun pihaknya optimis proses pemasangan tiang pancang bakal berjalan lancar. Yakni pemancangan atau konstruksi bawah masjid berupa pemancangan spun pile di 34 titik.

Sedikitnya lima tiang di setiap titik dengan kedalaman mencapai 50 meter. Sementara masjid yang bakal menjadi ikut religi Bontang itu dirancang berukuran 29 x 42 meter. Dengan daya tampung sekitar 400 jemaah.

Seluruh dana pembangunan masjid terapung ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Bontang senilai Rp 60 miliar. Untuk pengerjaan tahap pertama, dikucurkan anggaran sebesar Rp 33 miliar.

Sementara untuk pengerjaan tahap kedua, rencannya dimulai awal tahun 2020 mendatang. Sebabnya Edi berharap pengerjaan konstruksi dasar berjalan lancar, sehingga untuk pembangunan tahap kedua bisa segera dilelang.(fit)

Related posts