Yuk Donor, Stok Darah di PMI Bontang Menipis

  • Whatsapp
Ilustrasi Donor darah

TIMUR. Stok darah di Palang Meraih Indonesia (PMI) Bontang menipis selama pandemi Covid-19. Kebutuhan pun tidak berbanding lurus dengan jumlah pendonor.

Read More

Jumlah pasien ke rumah sakit yang terus meningkat, membuat permintaan kebutuhan darah pun naik. Saat ini darah golongan B kosong, sedangkan golongan lain seperti A, AB dan O makin menipis, dan hanya bisa digunakan untuk keperluan emergency

“Permintaan pasien tidak menentu setiap hari, dan stok sekarang ini makin menipis. Apalagi golongan darah B, betul-betul kosong,” ujar Modesta, Teknisi Transfusi Darah PMI Bontang.

Dirinya menyebut donor darah aman dilakukan di masa pandemi, asal pendonor mengikuti protokol kesehatan dengan baik. Salah satunya, pendonor tidak memiliki riwayat perjalanan dari luar daerah, serta tidak pernah kontak langsung dengan orang terpapar Covid-19.

“Kami utamakan juga protokol kesehatan bagi pendonor. Jika ada gejala seperti flu, batuk dan demam maka tidak bisa donor,” tambahnya.

Guna mengatasi kelangkaan stok darah, PMI pun secara aktif menghubungi satu persatu pendonor aktif di Kota Bontang, agar kebutuhan darah dapat kembali tercukupi.

Bagi masyarakat yang ingin donor darah, bisa langsung ke UTD PMI Bontang, Jalan Sawi Kelurahan Gunung Elai, dari pukul 08.00 – 21.00 Wita, atau bisa menghubungi 0811 5556 380. (*)

Related posts